Harga Sama, Pilih Mana Pertamax RON 92 atau Shell Reguler 90?
Pertamina, Shell dan Total
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta — Dalam kandungan bahan  bakar minyak (BBM), ada istilah RON, namanya Research Octane Number. Yaitu nilai oktan dalam bahan bakar minyak.  Nilai itu disebut dalam angka, misalnya 90, 92, 95, dan lainnya.

Dulu kita hanya kenal dua nama untuk bahan bakar kendaraan, yaitu bensin dan solar, dan untuk bensin hanya ada premium. Namun di era sekarang ada banyak varian bahan bakar, seperti Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertadex, dan lain sebagainya.

Belum lagi di kota-kota besar, sudah mulai menjamur SPBU yang menjual bahan bakar produk perusahaan luar negeri seperti Petronas dan Shell yang punya varian tak kalah banyak.

Pembeda utama setiap varian bahan bakar seperti Premium, Pertalite dan Pertamax adalah nilai oktan, atau sering disebut RON yang merupakan singkatan dari Research Octane Number. Oktan berasal dari kata Oktana, yaitu senyawa utama dari bensin.

 Nah, nilai oktan inilah yang membedakan varian-varian bahan bakar itu.  RON adalah hasil mengukur kinerja bahan bakar bensin, yaitu seberapa banyak kompresi bahan bakar dapat bertahan lsebelum meledak. 
 
 Mesin kendaraan bensin dengan rasio kompresi yang tinggi membutuhkan bahan bakar dengan angka RON yang lebih tinggi.
 
 Pertamina mengeluarkan jenis BBM seperti Pertalite dengan RON 90, Pertamax dengan RON 92, Pertamax Turbo dan lain dengan harga sesuai oktannya.  Makin timggi angka oktannya makin tinggi pula harganya. 
 

Shell dan Total juga mengeluarkan BBM dengan RON  yang juga bertingkat. Namun dari sisi harga agak berbeda. Sejak 1 Januari 2020, di laman website Shell menunjukkan harga Shell Regular (RON 90) bertengger di harga Rp 9.200 dan Total Performance 90 harganya Rp 9.150. 

 
 Bila dibandingkan dengan Pertamax  (RON 92) dengan Shell Reguler (RON 90) justru lebih murah  Pertamax. Harga sama kualitas beda.  Dengan harga yang sama,  pilih mana Pertamax 92 atau Shell Reguler 90? 

“Sesuai spek kendaraan saya pasti lebih memilih beli Pertamax karena kualitasnya lebih tinggi, dan harganya juga Rp 9.200, sama dengan harga bensin RON 90 di Shell dan Total,”ujar Ulli pemilik kendaraan Grand Livina keluaran 2015.

Edi Gunawan juga menyatakan menggunakan Pertamax. Kualitas bagus tapi harga terjangkau.  “Saya pilih Pertamax. Selain karena produk nasional, juga harganya tidak mahal,” katanya.  (lms)

Pengelola Kantin UKM Parkir Timur GBK Pertanyakan Rencana Relokasi

Sebelumnya

Percepat Bangun Kilang, Pertamina Optimalkan Industri Dalam Negeri

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi