Jakarta Banjir, Ini Instruksi   Anies Baswedan dari Pintu Air Manggarai
Anies Baswedan di pintu air Manggarai
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta — Sejak Selasa  hingga Rabu pagi ni,  wilayah barat Pulau Jawa diguyur  hujan dari sedang hingga deras. Beberapa wilayah di Bekasi, Depok, Tangeran ,  dan Banten   dilanda banjir. Jakarta pun  seperti dikepung banjir.

Sejumlah wilayah di DKI Jakarta terendam air dari antarab 10 hingga 80 centimeter. Sejumlah perumahan, jalan tol, dan jalur akses menuju bandara Soekarno Hatta tak bisa dilalui kendaraan. 

Akibat kepungan banjir itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sejak semalam sudah memantau perkembangan pintu air Manggarai mengeluarkan instruksinya. 

Instruksi dikeluarkan untuk para jajarannya di seluruh wilayah Pemprov DKI Jakarta. Anies memerintahkan semua aparatnya, mulai dari lurah, camat, walikota, dinas-dinas untuk turun melakukan penyelamatan warga, dan memastikan tidak banyak korban. 

Ini instruksi Anies langsung dari Pintu Air Manggarai:

Assalamu Alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh. Saya Anies Baswedan menyampaikan pesan ini kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta. 

Pagi ini hari Rabu di berbagai tempat di Jakarta mengalami banjir.  Sejak Selasa kemarin, kita di kawasan barat Pulau Jawa mengalami hujan yang cukup intensif. Masih berlangsung hingga pagi ini. 

Karena itu, saya instruksikan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk turun tangan langsung, datangi kantor kelurahan terdekat, bekerja di bawah koordinasi para lurah, membantu untuk menyelamatkan warga. 

Siapkan evakuasi warga terdampak, pastikan tempat-tempat pengungsian segera siap, seluruh kantor pemerintahan, sekolah harus siap menjadi tempat pengungsian. Siapkan dapur umum, siapkan posko kesehatan dan pastikan semua tenaga kesehatan siap. 

Obat-obatan, makanan siap saji, air minum, alas tidur,  toilet umum, dan semus kebutuhan dasar lainnya supaya segera dalam posisi siap.  Pastikan keamanan warga, di tempat tinggal, di jalanan,  aman. 

Kepada para walikota untuk melakukan koordinasi di wilayahnya masing-masing. Pastikan warga terbebas dari bahaya listrik, pohon tumbang, dan yang semacamnya. 

Pastikan kelancaran lalulintas, pastikan mobilitas warga tidak tertanggu, amankan transportasi publik. Bila ada rute kendaraan umum yang terkendala oleh banjir, segera siapkan rute alternatif.

Dan kepada para walikota, camat, lurah, pastikan warga setempat mendapatkan updating informasi valid secara terus menerus. Dan para walikota supaya melakukan koordinasi antar bagian dengan baik. 

Terakhir, kepada  ibu dan bapak semua, laksanakan pesan ini, sambil saya pesankan kepada semuanya, ibu dan bapak sekalian harus menjaga  kesehatan, keselamatan, dan keamanan bapak ibu sendiri, supaya bisa bekerja memastikan warga terselamatkan.

Hujan, curahnya tidak bisa kita kendalikan. Tetapi dampaknya bisa kita kendalikan. Pemprov DKI Jakarta harus hadir,  Pemprov DKI Jakarta harus ambil sikap bertanggungjawab, dan kita tunjukkan kepada seluruh warga bahwa semua jajaran turun tangan. Kita hadapi dan kita selesaikan masalah yang sedang ada sekarang ini dengan sebaik-baiknya.

Insya Allah kita diberikan kemudahan, sehingga bisa menanggulangi permasalahan banjir ini dengan sesegera mungkin. Camkan pesan ini, segera laksanakan,  semoga Allah Subhana Wata’ala selalu mengiringi bapak ibu sekalian memudahkan dalam menjalankan tugas yang mulia ini. 

Selamat bertugas, wassalamu alaikum warakhmatullahi wabarakatuh.  

Rabu pagi dari Pintu Air Manggarai. 
 

(lms)

Wacana Pembentukan Kota Tangerang Tengah Terus Dilakukan

Sebelumnya

Pernah Naik ke Halte TransJakarta CSW Koridor 13? Ini Kata Anies Baswedan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Jabodetabek