Anies dan Warga Peringati Hari HAM Internasional di Kampung Penataan
Anies Baswedan di acara peringatan Hari HAM International di Kampung Krapu Jakarta Utara.
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta — Ada yang berbeda saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional di Jakarta, Senin (16/12). Biasanya hari HAM Internasional diperingati di hotel bintang lima, namun Anies justru mengambil tempat di kawasan Kampung Penataan di Lapangan Krapu Jakarta Utara.

Menariknya, peringatan Hari HAM Internasional itu Anies mengajak perwakilan penarik becak serta perwakilan pedagang kaki lima, Jaringan Rakyat Miskin Kota, Jerami Indonesia,  serta anggota Leaders and Organizers of Community Organizations in Asia (LOCOA) dari berbagai negara Asia. ⁣



Dalam keterangannya, Anies menyebut peringatan ini merupakan pertemuan internasional yang luar biasa, di lokasi tak terbayangkan, karena lokasinya di kampung dengan pesertanya dari negara-negara Asia.

"Biasanya pertemuan seperti ini di hotel bintang lima, kali ini yang bintang lima bukan hotelnya tapi hati bapak ibu yang bintang lima,” kata Anies dalam sambutannya. 

Dikatakan, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk memenuhi Hak Asasi Manusia warganya, khususnya melalui penataan kampung. Kita melakukan penataan kampung berkolaborasi dengan masyarakat. 

“Alhamdulillah sudah ada 21 kampung yang menjadi contoh awal dan mudah-mudahan prosesnya benar dan baik dan insyaAllah kita jaga hingga tuntas,” katanya. 

“Arahan kami kepada seluruh jajaran Pemprov jika ada regulasi yang belum tuntas mengatur, maka kebijakan yang ada di lapangan adalah kebijakan yang berpihak kepada mereka yang dilemahkan.”⁣

Dikatakan lagi, Hari HAM Internasional merupakan peringatan bagi kita untuk menyadari bahwa hak dasar warga harus dipenuhi dengan baik dan insyaallah kita istiqomah jaga amanah ini sampai tuntas.⁣ (lms)

Baksos FORHATI di Lokasi Bencana, Miris 56 Rumah Rata Disapu Banjir

Sebelumnya

Lagi, Jakarta Raih Penghargaan Dunia dari Ajang STA 2020

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News