Manchester United Gandeng Alibaba Grup sebagai Partner e-Commerce
Manchester United (merah)
KOMENTAR

TILIK.id, Beijing —  Manchester United, salah satu klub sepakbola  papan atas Inggris secara resmi telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan raksasa e-commerce China Alibaba Group.

Salah satu bentuk kerjasama itu adalah pertandingan-pertandingan pilihan dan konten lainnya akan disiarkan di Youku, platform video jaringan semacam Youtube di China.

Selain itu, MU juga akan menjual berbagai merchandise di Tmall, platform dagang yang dikelola oleh Alibaba juga. Demikian dikutip media resmi China, Jumat.

Kesepakatan tersebut juga memungkinkan MU memiliki akses kepada ratusan juta pengguna platform e-commerce  milik Alibaba itu.

Sedangkan Alibaba memiliki hak eksklusif pertandingan dan konten penyiaran lainnya dari MU yang memiliki banyak penggemar di China dan Asia.

“Kami merasa terhormat atas loyalitas dari seluruh dunia dan para penggemar kami di China yang banyak ini,” kata Direktur Utama Manchester United Group Richard Arnold.

Dia mengatakan, pihaknya selalu mencari hal-hal baru untuk melibatkan fans agar bisa terkoneksi secara langsung dengan klub melalui platform video streaming yang sangat populer di China dalam kemitraan kami dengan Alibaba. 

“Kami bekerja sama dengan Alibaba untuk membantu meningkatkan pertumbuhan fans kami di China dan meningkatkan kerja sama di bidang lainnya pada masa-masa mendatang,” ujarnya dikutip China Daily.

Kemitraan tersebut juga meliputi pertandingan klub-klub utama, highlight, dan produk-produk orisinil di kanal Youku MU.

Kanal tersebut akan berisikan aktivitas di akademi sepak bola, pertandingan persahabatan klub putri, dan pertandingan klub papan atas yang lebih spesifik sesuai permintaan.

Maret lalu Youku menandatangani kerja sama dengan klub Liga Inggris lainnya, Wolverhampton Wanderers, yang dimiliki oleh konglomerat China Fosun.

Saat ini persaingan video daring di China makin ketat dengan pemain utama Youku, Tencent Video, dan iQiyi. Youku telah berinvestasi besar-besaran di konten olahraga untuk meningkatkan jumlah penonton.

Sebelumnya Youku telah menjalin kerja sama penyiaran Piala Dunia, FA Cup, Liga Inggris dan NFL.

Youku yang berafiliasi dengan Alibaba Cloud juga telah menunjukkan kehadirannya di Piala Dunia 2018.

Meskipun gagal meraih gelar juara dalam enam tahun terakhir, MU masih memiliki daya saing dalam memperebutkan platform digital di China, demikian komentar Mailman, perusahaan pemasaran olahraga berbasis di Shanghai.

Pada tahun lalu, MU mengklaim punya lebih banyak penggemar daripada klub-klub Eropa lainnya di dua platform media sosial di China, Weibo dan WeChat.

Pada tahun ini klub Liga Spanyol Real Madrid telah memperoleh lebih dari sejuta follower di dua platform medsos China lainnya, Douyin dan Toutiao. (lma)

Anak Asuh Jose Mourinho Tak Mampu Kalahkan Watford

Sebelumnya

Liverpool Makin Kokoh di Puncak Liga Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Sepakbola