Ini Rencana Anies Revitalisasi  Trotoar di DKI Jakarta
Proyek Revitalisasi Trotoar DKI Jakarta
KOMENTAR

TILIK.id,  Jakarta — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan punya rencana merevitalisasi trotoar di ibu kota. Rencana itu sudah mendapat pesetujuan anggaran dari DPRD Provinsi DKI.  

Revitalisasi trotoar ini bukan tanpa konsep. Anies berangkat dari fakta bahwa Jakarta adalah salah satu kota dengan pejalan kaki terendah di dunia. Selama ini Jakarta sibuk membangun jalan untuk roda (kendaraan bermotor)., bukan jalan untuk kaki.

Saat ini trotoar yang sudah terbangun layak di Jakarta baru sekitar 16 persen. Karena itu sekarang Pemprov DKI gencar membangun jalan untuk kaki, supaya warga lebih banyak berjalan kaki. Selayaknya sebuah kota modern di dunia.⁣

“Membangun jalur pejalan kaki (pedestrian) menjadi prioritas kami di dalam Rencana Jangka Menengah Pemerintah Daerah (RPJMD) 2017-2022. Pemprov DKI menargetkan menata trotoar minimal 60 km setiap tahunnya,” kata Anies Baswedan dalam keterangan tertulisnya yang disampaikan di akun medsosnya. ⁣

Tahun ini, kata Anies,  Bina Marga DKI menganggarkan Rp 577,9 Miliar dari APBD DKI 2019 untuk menata trotoar sepanjang 67 km. Koridor Jalan Prof. Dr. Satrio adalah salah satunya. 

“Setelah kawasan Jalan Prof. Dr. Satrio selesai, revitalisasi trotoar akan diteruskan hingga ke kawasan Casablanca, Jakarta Selatan. Pembangunan akan dilanjutkan pada 2020,” katanya. 

Jadi penataan trotoar yang dilakukan sekarang dan ke depan, adalah bagaimana menjadikan trotoar ini sebagai akses warga Jakarta dapat menjangkau transportasi publik. Seperti MRT, LRT dan BRT.⁣


Ada enam skala prioritas dalam penataan trotoar pada 2020, yaitu kawasan sekitar terminal bus, kawasan sekitar stasiun kereta api seperti MRT, LRT dan KRL serta kawasan sekitar halte Transjakarta. 

Kemudian, kawasan komersial dan perkantoran, kawasan destinasi wisata dan kawasan pemukiman menuju transportasi umum.⁣

DPRD DKI, kata Anies lagi, telah menyetujui anggaran revitalisasi trotoar di RAPBD 2020 sekitar Rp. 1 Triliun untuk pengerjaan trotoar sepanjang 95 km tahun depan. 

“Kita berharap dengan pembangunan trotoar yang nyaman, lebih banyak warga yang berjalan kaki dan menggunakan transportasi umum di kota ini,” pungkasnya. (lms)

Wacana Pembentukan Kota Tangerang Tengah Terus Dilakukan

Sebelumnya

Pernah Naik ke Halte TransJakarta CSW Koridor 13? Ini Kata Anies Baswedan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Jabodetabek