Munas APPSI Berakhir, Anies Baswedan Terpilih Ketua Umum
Anies Baswedan
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta - Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) memilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai ketua. Anies terpilih secara aklamasi setalah dilakukan pemjaringan 3 nama. 

Selain Anies, nama lain yang terjaring sebelum pemilihan satu nama untuk menjadi ketua adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Kalimamtan Timur (Kaltim) Isran Noor. 

Pada pemilihan, ada 23 Gubernur yang memiliki hak suara. Dari 23 gubernur itu, satu yang absen. Pada pemilihan itulah Gubernur DKI Anies Baswedan teepilih secara aklamasi untuk memimpin APPSI periode 2019-2023. 

Kepada wartawan setelah terpilih, Anies berjanji akan memberikan yang terbaik. Dia mengatakan, jabatan sebagai ketua umum ini merupakan sebuah kehormatan. Ini sebagai titipan yang akan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

“Ini adalah sebuah kehormatan dan saya istilahkan fardhu kifayah, kalau sudah ada yang mengerjakan saya terbebas, tapi karena dititipkan saya insyaallah akan jalankan dengan sebaik-baiknya,” kata Anies di Hotel Borobudur, Selasa (26/11)

Anies menjelaskan tugas pertama yang akan dilakukan setelah menjabat sebagai ketua umum adalah membentuk tim formatur. Tim ini yang kemudian akan menyusun kepengurusan APPSI nantinya. Kemudian kepengurusan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Nah tugas saya yang pertama adalah membentuk tim formatur tim. Formatur ini kemudian nanti akan menyusun kepengurusan. Nanti kepengurusan akan dikukuhkan oleh Bapak Presiden,” terang Anies.

Salah satu program prioritas yang diusulkan oleh sebagian besar gubernur yang hadir adalah soal penghitungan kawasan di Indonesia Timur, khususnya soal alokasi pembangunan bagi daerah kepulauan. (lna)

Fadli Zon: Jangan Ada Stigma Reuni 212 Negatif, Mardani Ali Sera Trenyuh

Sebelumnya

Ini Penjelasan FPI soal Khilafah Islamiyah yang Dimasalahkan Mendagri

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Nasional