Ini Kata Petinggi Ancol soal Desain  Khas Mesjid Apung
Komisaris Taman Impian Jaya Ancol Geisz Chalifah
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta —  Mesjid Apung Ancol Jakarta yang mulai di-ground breaking 9 November lalu menjadi masjid apung pertama yang dibangun di ibu kota. Pemancangan tiang pertamanya dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia HM Jusuf Kalla.

Apa yang khas dan menarik dari pembangunan masjid ini? Khasnya adalah desainnya yang berbentuk kotak segi lima.  Ada enam menara yang melambangkan rukun Islam. 

Dirut PT Taman Impian Jaya Ancol Sahir  Syahali  bahkan mengatakan bentuk bangunan utamanya seperti perahu phinisi asal Makassar.  

“Desain dari masjid apung Ancol ini berdasarkan dari inspirasi mengambil unsur-unsur dari kapal, seperti kapal phinisi. Jadi desainnya jika dilihat dari atas itu seperti bulan dan bintang,” kata Sahir Syahali saat ground breaking.

BACA JUGA:


Kemudian, tambah Sahir, ada tiang enam yang mencerninkan enam rukun iman yang di atasnya ada lampu yang kalau dari atas pesawat terlihat seperti enam titik berlian. Ini bisa yang menjadi ikon Jakarta dan Indonesia.

Sementara yang unik dari masjid ini adalah letaknya di area rekreasi. Dengan begitu, maka keunikan dari masjid ini adalah menjadi tempat wisata religius juga. Letaknya yang menjorok ke laut menjadi penambah nuasa rekreasi.

 Komisaris PT Pembangunan Jaya Ancol Geisz Chalifah menceritakan,  Mesjid Apung Ancol berawal dari ide tentang perjalanan sebuah peradaban  Islam di Indonesia, khususnya di Jakarta. 

 “Kalau di Jakarta ada dua pengaruh peradaban. Satu peradaban China yang dimulai dari Laksamana Cheng Ho, dan satunya lagi  peradaban yang dipengaruhi Turki Usmani.  Jadi lambang-lambang seluruh  masjid ini menggambarkan ke arah sana,” katanya.
 
 Dengan demikian, kata Geisz, masjid ini dibangun bukan sekadar menjadi wahana ibadah,  menjadi wahana spiritual, tetapi juga ada cerita tentang latarbelakang sebuah bangsa, tentang latarbelakang sebuah kota di mana cerita itu memiliki nilai intelektual yang luar biasa yang menjadi rujukan anak-anak kita kedepan.
 
 “Rujukan itu adalah bahwa Islam di kota ini punya sejarah panjang dan termanifestasikan lewat mesjid yang kita bangun di pantai utara ini,” kata Geisz. 
 
 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya berharap, mesjid yang dibangun ini  menjadi ikon masjid di masa mendatang. 
 
 “Kita bangun masjid ini sebagaimana cerita-cerita masjid tua yang ada di Jakarta kita berharap nantinya masjid apung ini menjadi salah satu ikon, bukan hanya hari ini,  tapi menjadi salah satu ikon masjid Indonesia di Jakarta,” ujarnya.  (lms)
 
 Video grundbreaking Masjid Apung Ancol pada 9 November 2019: 

Anies dan Istri Hadiri Festival Deepavali di Ancol

Sebelumnya

Pesan JK dan Anies Saat Pemancangan Tiang Pertama Masjid Apung Ancol

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Jabodetabek