Pesan JK dan Anies Saat Pemancangan Tiang Pertama Masjid Apung Ancol
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat acara Ground Breaking Masjid Apung Ancol Jakarta.
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta  — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara groundbreaking Masjid Apung di Ancol, Jakarta Utara (Jakut), Sabtu (9/11). Hadir pula Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia HM Jusuf Kalla dan mantan Menteri Agraria Tata [Ruang  Ferry Mursyidan Baldan. 

Proses pembangunan Masjid Apung Ancol direncanakan memakan waktu satu tahun mulai dari pelaksanaan pemancangannya (ground breaking). Lokasinya yang menjorok dari daratan menjadikan masjid ini bangunan yang unik dan satu-satunya di Jakarta. 

Mantan Wapres Jusuf Kalla berharap mesjid ini nanti  diisi da’i yang paham agama dan  moderat dalam beragama.  Dengan begitu bisa menularkan prinsip-prinsip Islam yang rahmatan lilalamin. 

Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharpkan mesjid ini menjadi ikon Indonesia di masa depan.  Apalagi kawasan  Ancol adalah lokasi wisata dan budaya dalam berbagai aspeknya.

“Hari ini kita buat masjid ini sebagaimana masjid-masjid yang ada di Jakarta. Kita harap jadi ikon masjid Indonesia di masa depan, yang akan datang,” kata Anies dalam sambutannya.

Karena itu, Anies  berpesan kepada pihak pengelola Ancol agar pembangunan masjid ini bisa dilaksanakan dengan tepat waktu. Dia berharap masjid ini bisa tuntas akhir tahun depan.

“Pesan saya, Pak Dirut, tiga. Pembangunan ini, satu, on schedule, on quality, tiga on budget. Jadi tiga itu dipegang itu. Insyaallah akhir tahun depan bisa merasakan masjid baru ini. Mudah-mudahan pada Ramadan tahun berikutnya tempat bisa dipakai,” ucap Anies.

Proses pembangunan Masjid Apung Ancol direncanakan memakan waktu satu tahun mulai dari pelaksanaan pemancangannya (ground breaking). Lokasinya yang menjorok dari daratan menjadikan masjid ini bangunan yang unik dan satu-satunya di Jakarta

Area masjid yang berbentuk kubus ini seluas 2.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 orang Jemaah.

Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 Nabi yang dikisahkan dalam Al-Qur’an. Pada sisi luar masjid akan terdapat 6 buah minaret (menara) yang melambangkan dasar rukun iman. (lms)

Anies dan Istri Hadiri Festival Deepavali di Ancol

Sebelumnya

Ini Kata Petinggi Ancol soal Desain Khas Mesjid Apung

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Jabodetabek