Max Verstappen Dipenalti, Harus Start dari Posisi 4 Grand Prix F1 Meksiko
Max Verstappen memacu mobil F1-nya di GP Meksiko
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta — Pembalap Red Bulls Max Verstappen harus start dari posisi ke empat setelah mendapat penalti dari Pengawas Balapan F1 pada Grand Prix Mexico, Ahad waktu setempat. 

Max sebelumnya mencapai waktu tercepat  1:14.758 sehingga akan start di posisi terdepan. Namun dengan penalti 3 grid itu, dia akhir harus memulai balapan di posisi ke-4. 

Max dipenalti karena gagal memperlambat mobilnya saat  Valtteri Bottas  dari Mercedes kecelakaan pada sesi kualifilasi (Q3) atau sesi penentuan posisi start di sirkuit Meksico. 

Verstappen memacu kendaraannya  di belakang Bottas ketika pembalap Finlandia itu menabrak berat di tikungan ke-17.  Pembalap Red Bull itu mengabaikan  satu bendera kuning untuk memperbaiki catatan kecepatannya.

Setelah berbicara dengan Verstappen dan meninjau bukti video, audio, dan telemetri, pengawas menyampaikan  Max   terbukti gagal mengurangi kecepatannya  dan melanggar aturan. 

“Verstappen mengakui bahwa dia sadar bahwa mobil 77 (Valtteri Bottas) jatuh dan tidak melihat mobil di sisi kiri lintasan, tetapi tidak mengetahui adanya bendera kuning yang melambai. Dia juga mengaku tidak mengurangi kecepatannya di sektor kuning,” kata pengawas balapan. 
 
 “Para Steward mencatat 33 mobil dari papan informasi, bahwa bendera kuning yang bergelombang itu terlihat jelas dan diperlihatkan dengan cukup pemberitahuan.
 
 Pengemudi sebelumnya (Vettel) mengurangi kecepatan secara signifikan sesuai peraturan.  Akibatnya, mereka memberinya penalti   tiga  grid  dan dua poin penalti.  
 
 Ini berarti dia akan memulai di grid 4 dengan Charles Leclerc dari Ferrari naik ke pole. Sebastian Vettel  di posisi kedua, dan  Lewis Hamilton, yang  berpotensi  meraih gelar dunia keenamnya start di tempat ketiga.  

Menyusul penalti, Verstappen mengatakan sangat mengecewakan  diberikan penalti grid untuk balapan,  dan Ferrari akan sangat cepat besok sehingga umur ban akan menjadi penting.

“ Tetapi kami memiliki mobil balap yang sangat bagus sehingga harus menjadi pertarungan yang dekat,” kata Max Vertappen.  (lms)

Mercedes Tercepat 1-2 pada Sesi Latihan 2 di Suzuka Jepang

Sebelumnya

Vettel Meraih Kemenangan Pertama Musim Balapan F1 Tahun Ini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Total Sport