Catatan Pendek  Menyambut Groundbreaking Masjid Apung Ancol
Geisz Chalifah
KOMENTAR

By: Geisz Chalifah

TANGGAL 9 November 2019 akan bertepatan dengan 12 Rabiul Awal yang menjadi hari bersejarah umat Islam dan dikenang sebagai Maulid Nabi Muhammad SAW.   Tanggal 9 November itu adalah hari  yang bersejarah bagi warga Jakarta,  khususnya dan Masyarakat Indonesia Umumnya. 

Sebuah Masjid yang designya melambangkan perjalanan Islam di Jakarta dengan struktur bangunan dan beragam ornamen yang menjadi simbol-simbol sejarah akan dibangun di kawasan Ancol Jakarta Utara. 

Kiblat dan seluruh bangunan dirancang menghadap ke laut lepas. 
Sirkulasi udara dibuat sedemikian terbuka hingga angin laut menjadi  penyejuk udara dan tak menggunakan air condition. 

Groundbreaking Masjid Apung akan dilakukan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan, Insya Allah akan dihadiri juga oleh Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Para direksi dan staf di PT Pembangunan Jaya Ancol bersiap, merancang secara detail acara yang akan berlangsung. 

Masjid ini akan menjadi wisata religi yang menarik. Bukan karna bentuk bangunan dan lokasinya saja, tapi juga akan menjadi destinasi yang terhubung dengan sebuah vihara bersejarah di mana di dalamnya terdapat kuburan seorang muslim dan melarang babi untuk disajikan di vihara itu,  yang tak jauh letaknya dari masjid apung. Juga sebuah benteng peninggalan Belanda yang pada saatnya nanti dilakukan renovasi. 

Masjid Apung ini  menjadi sentral dari destinasi wisata dengan beragam lokasi bersejarah di Kepulauan Seribu yang banyak memiliki cerita tentang Jakarta di masa lalu, Benteng Martello di Pulau Bidadari, Karantina asrama haji di pulau Onrust, dll. 

Belum lagi penataan Kota Tua dll yang tentunya akan menggeliatkan dan semarakkan Jakarta sebagai destinasi wisata yang semakin menarik.

Persiapan sedang dirampungkan, tahapan demi tahapan sedang dikejar agar segala sesuatu berjalan sesuai dengan rencana. 

Insya Allah.

Reuni 212, Mengukur Kekuatan Oposisi

Sebelumnya

Sampai Kapan Jokowi Jadi Korban Ahok?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Gelitik