Ada Banyak Kandidat Calon Walikota Makassar, Ini yang Dianggap Religius
Dr H Irianto A Baso Ence SH MH
KOMENTAR

TILIK.id, Makassar  — Pilkada Kota Makassar masih ada 8 bulan lagi.  Namun sejauh ini belum ada yang pasti, parpol apa dukung siapa, dan kandidat siapa yang  menjadi  dambaan warga Makassar. 

Dari 20-an kandidat yang nama-namanya telah beredar ke publik, semua nyaris sama dari sisi karakteristik. Kandidat ini seperti homogen, yaitu nasionalis. Namun kemunculan Dr Ir H Irianto A Baso Ence membawa karakter dan warna lain. 

Ya, H Irianto lebih melekat sebagai figur religius meski dia juga merupakan pengcara dan doktor Ilmu Hukum Tata Negara.  Dia pun lebih dikenal sebagai juru dakwah, ustads,  dan banyak membina majelis-majelis di Makassar.

“Jadi Pak Anto  bukan figur baru di Makassar. Hanya saja dia baru maju di Pilwalkot kali ini, karena dia punya visi/misi yang jelas,” ujar anggota tim sukses Irianto A Baso Ence,  Tusriadi S.Ip di Makassar. 

BACA JUGA: 


Dikatakan,  sebagai figur religius,  maka usaha-usaha yang dibangunnya pun tak jauh-jauh dari keislaman. Misalnya mendirikan tour travel haji dan umroh dengan nama PT Jazirah Iman. 

Sebelumnya Anto pernah  menjabat Direktur Utama Perlindungan Hak-hak Konstitusional Warga Indonesia, Penasehat Kesthuri Sulsel, Ketua Senat Fakultas Hukum UMI dan koordinator ISMAHI Indonesia Timur.

Selain itu, dia pernah menjabat sebagai Ketua LSMI Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Makassar, Ketua Dewan Pembina Masjid Nurul Istiqamah Makassar, Ketua IKA UMI wilayah Jabodetabek, juga Penasehat Dewan Syuro Forum Komunikasi Ummat Islam.

Tidak berhenti di situ, Anto juga pernah menjabat sebagai anggota PERADI, Angkatan Muda Islam, GEMA Trikora, dan AAI.

Di bidang politik, dia pernah menjadi Dewan Pembina Partai Demokrat Sulawesi Selatan, pada masa jabatan Ilham Arief Surajuddin (IAS) dan Deklalator PAN Sulaswesi Selatan. 

 Kini ia kenbali masuk ke politik dengan maju sebagai kandidat Wali Kota Makassar.  Namun kini dia masuk dengan karakter figur religius.  
 
Sambutan warga pada figur yang satu ini cukup positif. Sejumlah komunitas dan kelompok warga telah menyatakan dukungannya.  Dimulai dari warga Bumi Tamalanrea Permai (BTP), alumni Fakultas Hukum UMI, kader dan alumni Himpunam Mahasiswa Islam (HMI), dan Forum Komunikasi Umat Islam Makassar. 

Hari ini, Anto memberikan sambutan pada acara latihan manasik umroh di kantor PT Jazirah Iman.  Ada 182 warga Makassar siap diberangkatkan oleh PT Jazirah Iman yang didirikan oleh Anto Ence. 

Pada kesempatan itu, Anto Ence kembali menggratiskan 3 orang warga Makassar untuk berangkat umroh.  Ini adalah kesekianpuluh kali  Anto menggratiskab waega untuk umroh.

 “Kita berbagi rezeki dari apa yang telah kita dapatkan,” kata Anto Ence, Sabtu (19/10/2019). (lma)

Di Solo, FIFGROUP Bantu Kemudahan Haji dan Umrah

Sebelumnya

Sebagai Deklarator, Anto Makin Berpeluang Diusung PAN

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Nusa