Cerita Anies Pertama Kali Bertemu BJ Habibie saat Masih Kelas 3 SMA
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta — Presiden ke-3 Republik Indonesia Prof Dr-Ing H Bacharudddin Jusuf Habibie FREng wafat pukul 08.05 WIB pada Rabu 11 September 2019. Bapak Teknologi Indonesia itu tutup usia setelah menjalani perawatan di RS Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto.

Kamis pagi pejabat, kerabat dan masyarakat yang mencintai BJ Habibie berdatangan melayat ke rumah duka untuk memberikan doa husnul khotimah dan penghormatan terakhir kepada Bapak Bangsa itu. 

Di antara pelayat pagi itu, tampak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sedang mendorong kursi roda ibundanya tercinta yang datang dari Yogyakarta. Anies pun bercerita tentang sosok almarhum BJ Habibie. 

“Tadi pagi melayat bersama Ibunda. Ibunda dari Yogyakarta. Kebetulan Ibu dan Pak Habibie itu lama bekerja bersama dalam kegiatan beasiswa, di mana anak-anak mendapatkan biaya untuk sekolah dan kuliah. Kita semua berduka atas berpulangnya Pak Habibie,” kata Anies dalam testimoni yang juga dibagikan ke akun medsosnya.⁣



Almarhum BJ Habibie, kata Anies,  bukan saja dikenal sebagai pembuka keran demokrasi melalui UU No.40/1999 tentang Pers, tetapi juga merupakan sosok yang memikirkan masa depan bangsa Indonesia. 

“Ribuan anak di Indonesia dapat mengecap dunia pendidikan melalui beasiswa yang dibuat oleh almarhum, termasuk berkuliah di berbagai universitas terkemuka dunia untuk mempelajari ilmu teknologi,” katanya.⁣

Anies mengenang pertama kali bertemu dengan BJ Habibie ketika masih duduk di kelas 3 SMA.  Dimulai saat  Anies berangkat ke Jakarta untuk mewawancarai BJ Habibie yang saat itu menjabat Menteri Riset dan Teknologi.

“Kami berangkat dari Yogyakarta menuju Jakarta untuk mewawancarai BJ Habibie yang saat itu menjabat sebagai Menristek di kantornya. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan dan silaturahmi terus bersambung sampai saya mengabdi saat ini di Balai Kota,” kenang Anies.⁣

Pengalaman kita, semua jutaan rumah tangga di Indonesia, selama bertahun-tahun orang tua mengingatkan anak-anaknya. ‘Nak, belajar yg rajin, biar bisa seperti Pak Habibie.’ Nama Habibie itu disebut di jutaan rumah tangga, ia inspirasi bagi jutaan anak-anak Indonesia.⁣

Anies mengatakan, “Indonesia berduka. Kita semua berduka. Kita mendoakan agar Pak Habibie dimuliakan di sisi Allah, ditinggikan derajatnya, diterima semua amal ibadahnya, dan Insya Allah terus menjadi teladan bagi kita.  Lewat amal jariyahnya, lewat muridnya yang mengamalkan ilmu, lewat anak-anaknya, InsyaAllah aliran pahala itu akan mengalir tanpa henti.⁣” (lms)

Mahasiswa Demo DPR Sampai Malam

Sebelumnya

PHE Update Berkala Penanganan Insiden Sumur YYA

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Nasional