Selamat Jalan Mr Crack, Selamat Jalan Sang Pionir
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta — Bangsa Indonesia melepas kepergian tokoh bangsa, bapak demokrasi, Prof Dr Ing H BJ Habibie FREng melalui upacara kenegaraan di Teman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta, Kamis 12 September 2019. Tepat pukul 14.00 jenazah alm BJ Habibie dikebumikan.

Upacara pemakaman dipimpin Inspektur Upacara Presiden  Joko Widodo. Upacara dihadiri  Wapres Jusuf Kalla dan istri, menteri kabinet. pejabat  negara, tokoh agama, tokoh masyarakat, warga, dan keluarga besar almarhum BJ Habibie. 

Nisan  Habibie terletak di slot 120 yang berdampingan dengan mendiang istrinya, Ainun. Dua putra BJ Habibie, Ilham dan Thareq, mendampingi sang ayah dikebumikan. 
 
Dalam sambutannya, Inspektur  Upacara Joko Widodo mengatakan almarhum Baharuddin Jusuf  Habibie menjadi suriteladan bagi seluruh anak bangsa. Sungguh Indonesia telah kehilangan salah satu putra terbaiknya.

“Terlihat dari kisah perjalanan beliau bahwa almarhum sejak muda sudah menjadi tokoh yang visioner. Di masa mudanya, almarhum tidak hanya  berpikir  dirinya sendiri, tapi sudah memikirkan tentang bangsa Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, almarhum tidak hanya  berpikir tentang apa yang terjadi di Indonesia saat ini. Tidak hanya berpikir tentang apa yang akan terjadi pada Indonesia untuk satu atau dua tahun mendatang, tapi almarhum sudah berpikir dan bekerja  untuk masa depan Indonesia 50 tahun kedepan, untuk 100 tahun mendatang.

“Dari visi beliaulah lahir industri-industri straegis di Indonesia. Dari dedikasi beliau yang berbasiskan riset den teknologi  pesawat  Gatot Kaca mengudara pertama kali pada saat peringatan 50 tahun kemerdekaan Indonesia. Sebuah peristiwa bersejarah yang tertanam dalam benak banyak rakyat Indonesia menginspirasi kita untuk percaya diri, menginspirasi anak-anak muda untuk bangkit dan belajar untuk  menjadikan Indonesia yang berdiri sejajar dengan negara-negara besar di dunia,” katanya.

Jokowi mengatakan juga tidak akan pernah lupa jasa beliau ketika  menjadi presiden Republik Indonesia, yang saat itu almarhum dengan cepat telah meletakkan dan menguatkan fondasi demokrasi Indonesia. 

 

“Selamat  jalan Mr Crack, selamat jalan Sang Pioner. Kami akan  selalu ingat pesanmu, jangan   terlalu banyak diskusi, jangan cengeng, tapi terjunkan diri  ke dalam proses  niilai tambah  secara konsisten, pasti  Indonesia akan terkemuka di Asian Tenggara dan dunia,” kata Jokowi. (lms)

Mahasiswa Demo DPR Sampai Malam

Sebelumnya

PHE Update Berkala Penanganan Insiden Sumur YYA

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Nasional