Ferrari Rebut Podium Pertama di Kandang Setelah Menunggu 9 Tahun
Pembalap Ferrari Chales Leclerc di atas podium 1 usai juara di Sirkuit Monza Italia Ahad malam.
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta — Pembalap Ferrari Charles Leclerc kembali podium pertama balapan Formula 1 di Sirkuit Monza Italia. Ini adalah podium 1 kedua setelah seri sebelumnya juga diraih pembalap belia itu di Belgia 30 Agustus 2019 lalu. 

Kemenangan Leclerc di Monza itu disambut suka cita warga Italia. Sudah lama Ferrari tidak juara di negara sendiri sejak tahun 2010. Ferrari terakhir juara di Monza saat dikemudikan Fermando Alonso. Kemengan di tahun 2019 ini seperti menjadi awal kebangkitan si Kuda Jingkrak. 

BACA JUGA: 

 

Start dari posisi pertama, Leclerc tarus leading hingga lap ke-53. Sempat melorot ke posisi 4 karena harus masuk pitstop. Lewis Hamilton yang start di posisi kedua terus membayangi sampai lap ke-47. 

Hamilton sempat mengancam dengan sedikit mendahului namun Leclerc menutup jalan sehingga pembalap Mercedes itu harus melebar keluar track. Selanjutnya Leclerc terus dibuntuti hingga jarak 0.340 detik saja. 

Setelah Hamilton keluar jalur lagi, Leclerc kembali dapat ancaman pembalap Mercedes lainnya, Valtteri Bottas. Dia terus memburu dengan selisih waktu di bawah satu detik, sementara Hamilton kembali masuk pit. 

Sampai lap terakhir, lap 53, Leclerc tak terlampaui lagi dengan waktu tercepat 1:15:26.665. Disusul Valtteri Bottas dan berikutnya Lewis Hamilton.  

Dengan kemenangan ini,  Charles Leclerc menambah 28 poin sehingga total meraih 182 point.  Leclerc melampaui point rekan setimnya Sebastian Vettel di urutan kelima klasemen pembalap. Lewis Hamilton dari Mercedes tetap di puncak dengan 284 point. 

Musim 2019 ini Lewis Hamilton telah 10 kali podium 1. Urutan kedua pembalap dipegang pembala Mercedes lainnya Valtteri Bottas dengan 221 point.  Berikutnya Max Verstappen dengan 185 point atau selisih 3 point saja di atas Leclerc. (lms)

Ferrari Pole Lagi di Sirkuit F1 Monza Italia

Sebelumnya

Juara Bertahan Naomi Osaka Kandas di Tangan Belinda Bincic

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Total Sport