PHE ONWJ Bersihkan Rumah Warga Cemara Jaya dari Tumpahan Minyak
Petugas sedang membersihkan lapisan minyak yang sampai daratan
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta —  PT Pertamina Hulu Energi - Offshore North West Java (PHE - ONWJ)  tak henti mengantisipasi dampak oil spill dari sumur YY-1. Dua wilayah daratan terdampak menjadi aksi yang tiada henti, seperti Karawang dan Kepulauan Seribu. 

Buktinya, hari ini PHE ONWJ melakukan pembersihan rumah warga yang rumahnya terdampak tumpahan minyak. Pembersihan dilakukan secara intensif sejak adanya laporan dari warga.  

“Kami memohon maaf atas kejadian ini. Setelah mendapatkan laporan, tim di lapangan langsung bertindak cepat menangani tumpahan minyak di rumah warga, yang ada di kawasan Cemara Jaya dan Pisangan,“ ungkap Ifki.

Sejumlah personil yang terdiri dari pekerja, masyarakat dan anggota TNI/Polri turun ke pemukiman warga, dan sepakat untuk bekerja sampai malam mengangkat lapisan minyak. Setelah lapisan minyak diangkat, kemudian ditutup sorbent pad untuk mengurangi bau.

Ifki menjelaskan, tumpahan minyak yang masuk ke rumah warga ini terjadi karena perubahan arus yang makin deras yang menyebabkan ombak menjadi lebih tinggi.

“Dengan kondisi arus, ditambah adanya banjir rob tanggal 28 Agustus 2019 lalu, akibatnya tumpahan minyak tidak tertangkap oil boom, dan langsung masuk ke rumah warga yang berjarak sangat dekat dengan pantai,” katanya. 

Secara paralel, 10 kepala keluarga (KK) di pisangan dipindahkan ke tempat yang lebih aman. 

“Kami berupaya untuk membujuk warga agar mau dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Namun memang belum semuanya bersedia. Selain itu, kami juga terus berupaya mencarikan yang lebih aman bagi warga Cemara 1, Cemara 2 dan Pisangan,” ujarnya.

Bagi warga yang belum pindah, Tim Medis dari Pertamedika melakukan kunjungan kesehatan ke rumah untuk melakukan daily check up dan dan membagikan masker. (lma)

Ini Catatan Geisz setelah Ancol Meraih Penghargaan

Sebelumnya

IAIN Kendari Kaluarkan Siaran Pers, Ini Tanggapan Pengacara Hikma Sanggala

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News