JMF Tidak Sekadar Konser, Tapi Mengajarkan Kembali ke Budaya Bangsa
Konser Musik Jakarta Melayu Festival ke-9 Ancol.
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta — Sudah kali kesembilan Konser Jakarta Melayu Festival (JMF) digelar.  Terakhir, pada Sabtu malam 17 Agustus 2019 lalu kenbali menggema di Ancol Beach City.  Luar biasa, penonton sampai mencapai 12 ribuan lebih. 

Tak hanya diramaikan penonton, JMF ke-9 ini juga dihadiri dua tamu istimewa dari Kerajaan Malaysia.  Tentu saja hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sejak awal  sudah menjadi bagian dari JMF. 

Konser musik Ancol 9th JMF  dianggap sangat sukses.  Gubernur Anies Baswedan mengapresiasi pelaksanaan dari tahun ke tahun. Sehingga konsistensi pelaksanaan JMF ini memberi efek yang luar biasa besar. Bahwa musik Melayu makin menunjukkan eksistensinya di negeri ini.

Di sisi lain, para musisi pun maki banyak yang menaruh perhatian besar pada warna musik ini. Yang tak kalah menarik, banyaknya kaum muda yang mau terlibat dalam pengembangan musik Melayu ini yang mendapat perhatian dari Gubernur Anies. 

Berikut, testimoni dari dua pengisi acara pada even tahunan Jakarta Melayu Festival ini: 

CHANDRA 

JMF titik tolak kebangkitan budaya Melayu.  Semoga JMF bukan sekadar bernostalgia tentang kehebatan dan keindahan masa lalu, tetapi menjadi ruang bersinergi untuk melahirkan karya-karya baru yang mewakili jamannya dengan  nafas ke-Melayu-an yang kental untuk memberikan kesadaran baru kepada  semua masyarakat Indonesia,  bahwa budaya adalah benteng terakhir mempertahankan rasa nasionalisme.

TAKAEDA 

Bagi saya JMF bukan hanya sekadar konser Melayu biasa yang setelah konser pulang dan tidak mendapatkan pelajaran apapun di dalamnya. Bagi saya JMF mengajarkan kita untuk melestarikan kembali budaya bangsa kita, merekatkan tali persaudaraan, menebar kegembiraan dan sekaligus memberikan tanggung jawab secara tidak langsung untuk mengangkat budaya asli bangsa kita untuk diperkenalkan kembali kepada generasi muda bangsa. Bravo JMF tugas kita masih panjang di era yang kebarat baratan ini. (lms)

Saksikan Pentas Musik Klasik di Area Terbuka Monas Malam Ini, Gratis

Sebelumnya

Jakarta Melayu Fesival Memberikan Kesan yang Tak Terlupakan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA