Cerita Perayaan HUT RI dengan  Gowes Bareng di Lereng Ciremai
Upacara HUT 74 RI di Lereng Gunung Ciremai Majalengka Jawa Barat
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta — Komunitas Sepeda Santacruz Indonesia kembali menggelar kegiatan gowes bareng. Kali ini bersamaan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74, Minggu 17 Agustus lalu. 

Menurut Ketua Komunitas Santacruz Indonesia, Aldin Syamsudin, kegiatan gowes bareng kali ini berlangsung di lereng Gunung Ciremai, Jawa Barat. Tepatnya di Desa Sawiyah, Majalengka, dan diikuti 50 cruzer (sebutan untuk anggota Komunitas Santacruz). 

Perjalanan menuju lokasi Desa Sawiyah, dimulai dari perjalanan mobil sekitar 4 jam dari Jakarta menuju Kota Majalengka. Di kota ini, para cruzer disambut para pemandu lokal, lantas melanjutkan perjalanan dengan mobil pick up yang dipakai mengangkut sepeda kami menuju Puncak Sawiyah. 

“Sepanjang perjalanan kami di buat terkagum-kagum dengan keindahan lereng perbukitan pertanian di Desa Sawiyah dengan sistem teras siring, yang tak henti memanjakan mata, tak menyangka ada surga tersembunyi dibalik lereng Gunung Ciremai. Jauh lebih mempesona dari yang kami lihat di internet atau website,” kata Idrus Alhas, yang memimpin rombongan cruzer.

Melihat keindahan alam itu, naluri adventure para cruzer makin tergugah untuk segera mengayuh sepeda mereka, melaju menuju Puncak Sawiyah. Begitu tiba di lokasi titik awal, para cruzer langsung memacu adrenalin diantara jalur lereng pertanian.

Di tengah perjalanan track sepeda, para cruzer menggelar upacara sederhana namun khidmat untuk memperingati HUT RI 17 Agustus 2019. 

“Upacara ini sengaja kami gelar untuk menghormati para pahlawan bangsa yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan RI. Hingga hari ini kami bisa menikmati keindahan alam negeri tercinta ini,” kata Aldin Syamsudin.

Track Sawiyah sendiri sangat mengesankan para cruzer, terutama karena keindahan alamnya, juga jalur trail yang sungguh memadukan berbagai macam technical bersepeda. Jalur turunan dan pedaling lengkap dengan akar pohon pinus dan jalur makadam, sungguh menguras tenaga. Namun semua keringat dan lelah itu terbayar lunas berkat kebersamaan para cruzer. 

“Suatu saat kami pasti akan kembali lagi ke Puncak Sawiyah,” ujar Idrus Alhas. (lms)

Mahasiswa Demo DPR Sampai Malam

Sebelumnya

PHE Update Berkala Penanganan Insiden Sumur YYA

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Nasional