JMF ke-9 Sukses  karena Ada Pesan Keadilan dan Kesadaran Komunal
Gubernur DKI Anies Baswedan dan Geisz Chalifah di acara Konser Musik JMF 9 di Ancol Sabtu malam lalu.
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta — Konser 9th Jakarta Melayu Festival (JMF) ke-9 di Ancol pada Sabtu malam sukses digelar. Ada 12 ribuan penonton memadati Ancol Beach City tersebut. Kehadiran ribuan pengunjung itu pun digambarkan adanya kesadaan komunal.

Hal itu disampaikan aktivis medsos M Sholeh yang dituliskan di aplikasi chatting WhatsApp, Ahad lalu. Dia menyebut konser musik Melayu ala JMF memang luar biasa karena di sana banyak kolaborasi nilai-nilai. 

“Musik melayu di tangan GCH “dikolaboratif” sedemikian rupa, sehingga bagi penikmat bukan saja menikmati sebuah musik, tetapi seperti ada sebuah gerakan kultural, sejenis sebuah pembebasan,” tulis M Sholeh. 

 

Dia mengatakan, Geisz Chalifah bukan saja berhasil mengawinkan instrumen musik Melayu dengan langgam musik lain dengan semangat kekinian, tetapi juga membuat para bintang tamu di panggung konser  seperti bernyanyi di rumahnya sendiri dengan  kesadaran komunal. 

“Yang lebih menarik, hasil dari kolaboratif tersebut mampu mengorkestrasi hal-hal di luar musik. Tema konser JMF ke-9 Sabtu malam lalu, Merengkuh Keadilan, menjadi bukti respons atas kesadaran sosial termasuk di dalamnya berbagai macam “kegundahan”,” kata M Soleh.

 

Sementara Geis Chalifah yang juga menuliskan testimoninya menyatakan Konsel JMF semakin mengkokohkan diri bahwa, teriakan anak bangsa tidak selalunya lewat jalanan, tidak selalunya lewat amuk massa tapi pesan itu bisa tersampaikan lewat jalur pagelaran budaya. 

“Pemimpin Jakarta Gubernur Anies Baswedan, peka terhadap aspirasi warganya, responsif terhadap pesan yang disampaikan kepadanya,” kata Geisz mendeskripsikan pidato Gubernur Anies Baswedan. 

 

Sang Gubernur menyatakan dengan sejelas-jelasnya dengan setegasnya, dia tak akan menjual satu sentimeterpun tanah direpublik ini kepada siapapun. Dia tak akan menukarkan jabatan yang disandangnya dengan rupiah, dan semua kebijkannya akan selalu berlandaskan keadilan sosial bagi seluruh warga Jakarta.

“Sebuah malam yang indah. Ada janji yang diucapkan dan sedang ditunaikan. Ada warga yang berbahagia mendapat pemimpin yang layak dititipkan harapan. Maju Kotanya Bahagia Warganya,” kata Geisz. (lma)

Saksikan Pentas Musik Klasik di Area Terbuka Monas Malam Ini, Gratis

Sebelumnya

Jakarta Melayu Fesival Memberikan Kesan yang Tak Terlupakan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA