Demo HMI Dihadang, Bendera Hijau Hitam Dibakar ‘Orang-Orang’ Gubernur
Penghadangan demonstran di Depan Gedung DPRD Sulsel
KOMENTAR

TILIK.id, Jakarta —  Sidang hak angket DPRD Sulawesi Selatan mengenai   dugaan pelanggaran Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) diwarnai demo mahasiswa dari HMI. Sayangnya demo damai yang mengawal jalannya sidang justru dihadang oleh orang-orang yang ditengarai  pendukung gubernur.

Penghentian demo itu dilakukan dengan kekerasan. Terjadi pemukulan yang dialami oleh peserta demonstran, atribut bendera HMI sebagai simbol organisasi mahasiswa tertua di Indonesia pun dibakar.

Ketua PTKP Badko HMI  SulSelbar Shalahuddin Al Ayyubi menyayangkan tindakan yang dilakukan massa pendukung gubernur yang sudah terbukti bersalah melalui fakta-fakta persidangan.

“Massa pendukung gubernur layaknya preman menyambut kedatangan kami. Padahal kami datang dengan baik-baik. Bahkan beberapa teman kami dipukul. Dan yang lebih menyayat hati, lambang suci kami, bagaikan sampah dimata mereka, menginjak dan membakarnya,” tegas Nugie, panggilan akrab Shalahiddin Al Ayyibi. 

Olehnya itu, kata Nugie, hal ini merupakan penghinaan terbesar yang dilakukan pendukung Gubernur Sulsel terhadap HmI.

“Kami akan menempuh jalur hukum terkait apa yang terjadi hari ini. Dan bagi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, kami ucapkan terima kasih banyak atas perlakuan bringas pendukungnya sebagai bukti bahwa ia ingin membatalkan sidang paripurna DPRD Provinsi Sulsel,” ujarnya. 

Sementara itu, petinggi  HMI lainnya Syamsuddin mengatakan, aksi unjuk rasa yang dilakukan Badko HMI Sulselbar tersebut bertujuan mengawal proses Sidang Hak Angket DPRD Sulsel agar berjalan sesuai mekanisme dan tidak diintervensi kepentingan yang akan membelokkan arah rekomendasi.

“Peristiwa pembubaran paksa telah menciderai nilai-nilai demokrasi. Oleh karena itu, atas peristiwa tersebut, kami mendesak kepada pihak kepolisian agar melakukan penindakan sesuai prosedur hukum terhadap pelaku pembubaran dan penganiayaan terhadap kader HMI,” katanya.  (pma

Bagikan Masker, Pertamina Sasar Anak Berkegiatan Luar Rumah

Sebelumnya

Iriyanto Baso Ence, Perpaduan Seniman, Pengusaha, Pengacara dan Ilmuan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Nusa