Mbah Moen Dimakamkan di Pemakaman Istri dan Paman-Paman Nabi
Alm KH Maimoen Zubair
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta — Jenazah  lama dan kiai kharismatik KH Maimoen Zubair sore tadi waktu Mekah telah dimakamkan di komplek pemakaman Ma’la Mekah. Komplek pemakaman ini terletak hanya sekitar 1,5 kilometer dari Masjidil Haram. 

Dikutip dari laporan TVOne, pemakaman  Ma’la di Mekah memang termasuk pemakaman umum. Namun  Ma’la ini adalah pemakaman bersejarah. Karena di sana dikuburkan istri Rasulullah Situ Khadijah ra dan paman-paman Nabi Muhammad. 

Sebelum dimakamkan, jenazah pendiri Ponpes Al Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah itu disemayamkan di kantor Daerah Kerja Haji Indonesia di Mekah.  Kemudian dishalatkan di Masjidil Haram. 

BACA JUGA: KH Maimoen Zubair akan Dimakamkan di Mekah

Sejumlah santri dan murid-murid  dari tanah air ikut mengiringi kepergian Mbah Moen.  Ada ratusan  pelayat, teemasuk puluhan jamaah haji Indonesia datang mengaji dan membacakan surat Yasin  di Daerah Kerja Mekah sejak pukul 09 sampai pukul 11.00 waktu Mekah.

Dari pihak keluarga, hadir istri KH Maimoes Zubair Nyai Heni Maryam yang ikut mendoakan untuk melihat jenazah suami tercinta untuk terakhir kalinya. 

Kiai Haji Maimoen Zubair wafat di Mekah setelah dibawa ke RS An Noor pada pukul 04.17 hari Selasa waktu setempat. 

Mbah Moen lahir di Rembang Jawa Tengah pada 28 Oktober 1928 atau saat wafat berusia 90 tahun. Kiai Mimoen adalah tokoh agama dan sekaligus politik. Almarhum adalah Mutasyar PB NU dan Ketua Dewan Syariah PPP. 

Mbah Moen pernah menjadi anggota DPRD dan anggota DPR RI. Di Pilpres 2019 yang lalu, pengaruh Kiai Maimoen menjadi rebutan dua capres, Jokowi dan Prabowo. (lms)

Pak Tom dan HMI di Tengah Ancaman PKI

Sebelumnya

Selamat Jalan Mas Tom, Tokoh HMI Era Pergerakan Mahasiswa 1965-1966

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Nasional