Timnas Putri AS, Drama di Dalam Maupun di Luar Lapangan
Dua pemain AS merayakan gol ke gawang Belanda di final malam tadi.
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta — Tim sepak bola nasional wanita AS membuktikan dominasi mereka di Piala Dunia Wanita 2019 dengan mengalahkan Belanda 2-0 pada hari Minggu dalam pertandingan final di Prancis.

 Kemenangan di Lyon, Prancis, menandai gelar dunia keempat untuk wanita AS setelah membawa pulang piala pada tahun 1991, 1999 dan 2015.

 Paruh pertama pertandingan berjalan tanpa gol, dengan kapten Megan Rapinoe mencetak gol pertama pertandingan dengan tendangan penalti pada menit ke-61.  Tepat sebelum tanda 69 menit, gelandang Rose Lavelle mencetak gol kedua.

 Tim nasional wanita AS seperti memainkan drama di  lapangan selama babak penyisihan grup. Dia , mengalahkan Thailand 13-0.  Setelaj itu, mereka terus mengalahkan pesaing mereka sepanjang pertandingan di Prancis.

 Kemenangan AS itu  datang setelah musim yang ditandai  representasi, kontroversi, panggilan untuk upah yang sama, dan pertempuran publik melawan Presiden Donald Trump.

 Pada bulan Juni, Rapinoe mengatakan dalam sebuah wawancara yang direkam bahwa ia akan menolak untuk mengunjungi Gedung Putih jika diundang oleh Trump.  
 
 Dalam sebuah klip video yang dibagikan di media sosial, Rapinoe mengatakan kepada seorang reporter, “Saya tidak akan pergi ke Gedung Putih,” katanya.

 Dia menambahkan bahwa Trump tidak mengundang tim yang dia tahu akan menolak atau “seperti yang dia lakukan ketika Warriors menolaknya, dia akan mengklaim bahwa mereka tidak diundang sejak awal.

 Trump kemudian merespons dalam serangkaian tweet, dengan mengatakan ia akan mengundang tim wanita menang atau kalah, tetapi menambahkan teguran untuk Rapinoe.

 “Aku penggemar berat Tim Amerika, dan Sepak Bola Wanita, tapi Megan harus menang lebih dulu sebelum dia bicara! Selesaikan pekerjaan!”  tulis Trump.

 Rapinoe kemudian menerima undangan Twitter dari Rep. Alexandria Ocasio-Cortez, D-N.Y., Untuk mengunjungi Dewan Perwakilan AS.

 “Ini mungkin bukan Gedung Putih, tapi kami akan dengan senang hati menyambut @mPinoe & seluruh #USWMNT untuk tur Dewan Perwakilan Rakyat kapan saja mereka suka,” kata Ocasio-Cortez.

 Dua jam kemudian, Rapinoe membalas tweet itu, menerima undangan.

 “Anggap itu sudah dilakukan @AOC,” tulis Rapinoe.

 Tim wanita AS tidak hanya membuat drama di luar lapangan, tetapi juga di lapangan hijau.  Pertandingan dengan skor tinggi melawan Thailand membuat beberapa orang mengkritik bagaimana mereka meningkatkan skor dan merayakannya terlalu banyak.

 Kemudian, pemain depan Alex Morgan mendapat reaksi setelah dia merayakan gol kemenangan pertandingan melawan Inggris di semifinal dengan gerakan seolah-olah dia menyeruput dari cangkir teh.  Beberapa pihak mengatakan wanita AS menjadi terlalu sombong, tetapi yang lain, termasuk aktris Inggris Sophie Turner, memuji atlet itu.

 “Aku benar-benar bangga padamu, Alex Morgan. Selamat atas kemenanganmu. Dan itu adalah teh yang hebat,” kata Turner di Instagramnya.

 Namun terlepas dari perdebatan seputar etiket tim wanita AS, banyak yang mengatakan bahwa mereka adalah suar keterbukaan dan penerimaan dalam olahraga, dengan lima pemain LGBTQ yang bangga dan bangga.

 Meskipun mereka telah menang di lapangan sepak bola, para wanita AS masih berjuang untuk kemenangan atas gaji mereka di negara asal.  Sebelum Piala Dunia, tim sepak bola wanita AS mengajukan gugatan federal, menuduh Federasi Sepakbola AS terlibat dalam “diskriminasi gender yang dilembagakan” yang tercermin dalam perbedaan upah, perawatan medis, pengaturan perjalanan, dan beban kerja keseluruhan untuk tim pria dan wanita.

 Pertarungan perempuan untuk upah yang sama juga telah didukung oleh Kaukus Perempuan Demokrat, yang menulis surat terbuka kepada Presiden Federasi Sepakbola A. Carlos Cordeiro.

 Federasi telah menolak untuk mengomentari litigasi yang tertunda, tetapi mengatakan bahwa setiap perbedaan upah adalah “berdasarkan perbedaan dalam pendapatan agregat yang dihasilkan oleh tim yang berbeda dan/atau faktor lain selain jenis kelamin. (lms)

Liverpool Gasak Newcastle, MU dan Chelsea Juga Menang

Sebelumnya

Hancur Lebur Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Sepakbola