Hanya dalam 30  Menit, Sampah Sisa  Perayaan HUT ke-492 Jakarta Bersih
Mobil penyapu sampah dioperasikan usai malam puncak perayaan HUT ke-492 Kota Jakarta, Sabtu malam.
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta — Puncak Perayaan HUT ke-492 Kota Jakarta diperingati secara terbuka di kawasan Bundaran Hotel Indonesia. Ribuan warga merangsek ke lokasi acara. 

Di area ini, sejak pagi sudah berdiri rentetan panggung pertunjukan. Sabtu sore sekitat pukul 15.30 kendaraan yang lalu lalang sepanjang Jalan Thamrin dan sebagian Jalan Jenderal Sudirman ditutup agar dapat diakses penjalan kaki ke lingkaran  Bundaran HI.

Rangkaian acara  sudah dimulai sejak pukul 19.45 WIB. Warga antusias mendekat ke Bundaran HI. Ada dari arah patung kuda di Jalan Medan Merdeka, ada dari arah Jalan Sudirman dan pesimpangannya. Ada pula dari Jalan Diponegoro, Jalan Agus Salim, Jalan Kebon Kacang, Jalan Teluk Gong, dan dari arah Tanah Abang. 

Di depan Hotel Pullman dan  Wisma Nusantara, tampak warga bersantai dan menggelar alas untuk duduk. 

Seluruh rangkaian acara berakhir pukul
12.00 WIB.  Warga menjauh dan menyisakan banyak sampah. 

Namun sampah-sampah ini hanya dalam 30 menit  kembali bersih. Sebagian Jalan Jenderal Sudirman dan sepanjang Jalan Thamrin dari  Bundaran HI ke Sarinah sudah tidak terlihat lagi sampah berserakan. 

Pemantauan tilik.id, sedikitnya ada 6 mobil pembersih sampah dikerahkan. Mobil-mobil ini dengan bak tertutup ini menyisir sampah secara cepat dan berlapis. 

Tidak terkonfirmasi berapa ton sampah yang ada. Namun kendaraan pembersih sampah ibu kota itu secara cepat dan otomatis mampu menyapu semua jenis sampah.

Selain dengan kendaraan penyapu sampah, diterjunkan pula puluhan tenaga  kebersihan pemprov DKI Jakarta. Mereka hanya membawa sapu dan kantong sampah. 

Tenaga “manual”  ini tugasnya menyapu atau memunguti sampah di trotoar dan pedestrian yang tak terjangkau oleh kendaraan roda empat penyapu sampah. (lms)

Pemprov DKI Kirim 65 Satgas Karhutla, Dilepas Gubernur Anies di Monas

Sebelumnya

Anies Berkomitmen Tinggi Kembangkan Budaya Betawi dan Setu Babakan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Jabodetabek