Ini Daerah Pilpres Ulang yang Diajukan Paslon 02 Jika Paslon 01 Tidak Didiskualifikasi
Bambang Widjojanto (baju putih) saat menyerahkan berkas permohonan PHPU ke MK.
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta —  Pernohonan gugatan perselisihan hasil pemilu 2019 yang diajukan Paslon 02 Prabowo-Sandi lewat kuasa hukumnya menuntut paslon 01 didiskualifikasi. Jika tidak, maka harus dilakukan pemilihan ulang di sejumlah daerah.

Jika tak menangkan Prabowo-Sandi, Tim 02 minta MK putuskan dilakukan pemungutan suara ulang di 12 daerah.  Daerah apa saja? 

Menurut Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto, setidaknya ada 12 daerah hendaknya dilakukan pemilu ulang. Yaitu  Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua, dan Kalimantan Tengah 

Permohonan itu diajukan jika MK tidak memenangkan Prabowo-Sandi atau tidak melakukan pemilu ulang di seluruh wilayah. 

Sebab, menurut Bambang, Pilpres 2019 diwarnai dengan adanya kecurangan dalam penghitungan suara.  Karena itu Tim Prabowo-Sandi meminta MK  mendiskualifikasi Paslon 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. 
 
“Menyatakan Jokowi-Ma’ruf terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran dan kecurangan pemilu pilpres 2019 melalui penggelembungan dan pencurian suara secara terstruktur, sistematis, dan masif,” ujar Bambang. 

Tim hukum Prabowo-Sandi juga minta MK  menetapkan Prabowo-Sandi sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

Namun, kata Bambang, jika itu tak dapat dikabulkan, maka Bambang memohon kepada MK supaya melakukan pemungutan suara ulang di seluruh wilayah Indonesia.

“Atau memerintahkan termohon untuk melaksanakan pemungutan suara ulang secara jujur dan adil di seluruh wilayah Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Pasa 22E Ayat 1 UUD 1945,” jelas Bambang.

Atau memerintahkan termohon untuk melaksanakan pemungutan suara ulang secara jujur dan adil di sebagian provinsi di Indonesia, yaitu setidaknya di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua, dan Kalimantan Tengah.

Anggota Tim Kuasa Hukum 02, Denny Indrayana menyebutkan pihaknya memiliki beban dalam pembuktian dugaan kecurangan Pilpres 2019. (lma)

Sigap, Pertamina Turunkan 7 Ahli Tangani Gelembung Gas di Laut Jawa

Sebelumnya

Pertamina Tantang Insan Pers Move On di AJP 2019

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News