Layani Pemudik, Penjualan SPBU Ini Meningkat 300 Persen
Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina, Mas’ud Khamid saat inspeksi di sejumlah SPBU jalur tol Jawa Tengah-Jawa Timur.
KOMENTAR

TILIK.ID, Madiun —  Puncak arus mudik diperkirakan terjadi padi H-6 sampai H-3 (Kamis-Minggu) ini. Yang mengalami dampak besar penjualan BBM adalah SPBU jalur tol. Itu terjadi di Rest Area KM 575A ruas Sragen-Ngawi.
 
SPBU ini merupakan SPBU pertama di Jawa Timur, setelah perbatasan dengan Jawa Tengah. Penjualan normal SPBU ini sekitar 10 kilo liter (KL) per hari. Namun pada Kamis (30/5) kemarin, penjualan BBM meningkat menjadi 38 KL. Bahkan pada hari Jum’at (31/05), kembali meningkat menjadi 41 KL. 

Demikian disampaikan Direktur Pemasaran Retail, Mas’ud Khamid, dalam rangkaian peninjauan di SPBU jalur tol dan Terminal BBM Madiun, Sabtu (1/6) ini.
 
Menurut Mas’ud, Pertamina telah mengantisipasi lonjakan permintaan BBM ini, salah satunya dengan membentuk Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2019. 

“Satgas RAFI 2019 ini, bertugas mulai H-15 sampai H+15 Idul Fitri, untuk memantau pasokan BBM maupun LPG kepada masyarakat,” jelas Mas’ud.
 
Dia menambahkan, secara umum Pertamina menyiapkan total 800 SPBU yang tersebar di jalur tol, jalan arteri maupun jalur Pantura dan Pansel.
 
Sementara GM Marketing Operation Region V, Werry Prayogi yang ikut mendampingi kunjungan tersebut, menyampaikan bahwa khusus di Jawa Timur, Pertamina menyiapkan 12 SPBU di jalur tol sepanjang Surabaya-Solo. 

Sementara di jalur tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo disiapkan 8 SPBU. SPBU tersebut ada yang berupa SPBU reguler maupun SPBU modular.
 
9 SPBU di tol Surabaya-Solo tersebut, dilayani dari Terminal BBM Madiun, terdiri dari 4 SPBU Reguler dan 5 SPBU Modular. Penyaluran Gasoline dari Terminal BBM Madiun diperkirakan, selama masa Satgas diperkirakan naik 24%, dari 315 KL per hari, menjadi 390 KL per hari.
 
Selain di Terminal BBM Madiun, Pertamina mengoptimalkan stok dan distribusi dari total 6 (enam) Terminal BBM yang ada di Jawa Timur. 

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan BBM & LPG masyarakat pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 2019. 

Untuk kelancaran proses distribusi, Pertamina juga berkoordinasi dengan instansi terkait seperti BPH Migas, Kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas ESDM, dan juga mitra Pertamina seperti Hiswana Migas. (lma)

Pemkab Tuban Dukung Survei Seismik 3D PHE East Java

Sebelumnya

Sukses Ujicoba B20, Kini Pertamina Kembali Dukung Road Test B30

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi