Pemprov DKI Jakarta Kembali Meraih Opini WTP dari BPK
Gubernur DKI Anies Baswedan bersama jajarannya usai menerima opini WTP di Balaikota, Rabu.
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta — Pemprov DKI Jakarta untuk kali kedua kembali meraih opini tertinggi pengelolaan keuangan, yakni Wajar Tanpa Pengecualian. Dua tahun berturut-turut, yakni pada 2018 dan 2019 
Opini Tertinggi itu kembali diberikan oleh BPK kepada Pemprov DKI Jakarta.

“Alhamdulillah, sebuah rahmat dari Allah SWT dan melalui kerja keras, konsistensi, persistensi, keseriusan dan kebersamaan kerja lintas jajaran membuahkan prestasi membanggakan,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balaikota DKI, usai meraih WTP, Rabu.

Anis mengatakan, kerendahatian kita semua untuk saling dukung dan saling bantu dalam menuntaskan setiap rekomendasi BPK dan ketertiban kita saat melaksanakan semua prinsip akuntansi pemerintahan, menghasilkan kemajuan yang membahagiakan.

“Sejak 2013 DKI tidak pernah mendapatkan opini WTP. Alhamdulillah, mulai tahun 2018 kemarin kita berhasil mendapatkan WTP dan tahun ini berhasil dipertahankan,” beber Anies.

Ini merupakan penghargaan tertinggi atas proses peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan yang telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

Lebih dari seratus ASN Pemprov DKI hadir dan merayakan pemberian opini BPK tersebut. Beberapa spanduk membentang di dalam ruang Sidang Paripurna DPRD. Para ASN membawa spanduk-spanduk ungkapan rasa syukur dan bangga. 

Sorak sorai bergemuruh di ruangan saat Prof. Dr. Bahrullah Akbar, Wakil Ketua BPK, menyebut pemberian opini: Wajar Tanpa Pengecualian.

Mengapa begitu banyak ASN Pemprov hadir dan semangat? Karena kita semua selama ini bekerja keras, menggeluti pendataan aset yang rumit dan pelik. Kita menjalani proses yang melelahkan tapi tanpa tanda-tanda kelelahan. Kita melihat langsung, bahwa sesuatu yang dikerjakan serius dan tuntas, maka hasilnya membanggakan.

Perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ini bukanlah akhir proses perbaikan akuntabilitas tetapi babak baru untuk terus menerus menyempurnakannya.

“Terima kasih kepada setiap pihak yang berkolaborasi dalam mewujudkan opini WTP, mulai dari Tim Pemeriksa BPK RI, serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Terima kasih pada seluruh jajaran Pemprov DKI. Kita semua yang terlibat dalam proses ini telah membuktikan bahwa kerendahatian, saling dukung, kerja keras hingga larut malam bahkan pagi, telah membuktikan bahwa kita bisa,” kata Anies Baswedan. (lms)

Pemprov DKI Bergerak Terus Mempercepat Perbaikan Kualitas Udara

Sebelumnya

Foto-foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Inspeksi dengan Bersepeda

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Jabodetabek