MODAL REVOLUSI
Sepeda Man
KOMENTAR

by Sepeda Man

DALAM   konsep civil society organisasi non pemerintah adalah modal sosial, karena rakyat bersifat lemah maka yang menegakkannya adalah modal-modal sosial tersebut.. seperti ormas atau LSM.

Namun bila ada kemudian LSM atau ormas justru menjadi beban sosial dan bukannya modal sosial, maka itu adalah penyimpangan dari vacum yang sesungguhnya.

Modal negara adalah pemerintahan, bila pemerintahannya kuat maka kuatlah negara itu.

Modal ekonomi adalah dunia usaha atau perusahaan atau usaha-usaha kecil menengah yag menyebabkan terciptanya dinamika ekonomi ditengah masyarakat.

Modal Revolusi untuk terjadinya perubahan itu apa? Modalnya adalah tokoh individu yang memiliki kharisma yang super berani.

Kreteria tokoh tersebut di samping tidak  takut di penjara dan dibunuh, serta  tidak bisa dibeli. Tapi  juga memiliki kapasitas dilihat dari track recordnya. 

Revolusi tanpa tokoh yang memiliki visi sama saja kapal Titanic yang berlayar tanpa nakhoda. berakhir ber keping-keping menubruk karang.

Lihatlah Indonesia tidak akan merdeka tanpa Soekarno sebagai modal revolusi. Polandia tidak mungkin lepas dari Komunis tanpa Lech Walesa.

Revolusi adalah ayunan dengan hentakan keras, sementara rakyat diibaratkan  kapal yang penuh dengan muatan (rakyat). 

Pergerakan kapal tersebut tergantung nakhoda yang memiliki kapasitas yang mumpuni dalam  menghadapi gelombang dan badai, figurnya harus yang telah dikenal luas di publik bukan tokoh oplosan atau karbitan.

Tokoh tersebut biasanya didampingi oleh tim yang kuat berupa presedium berasal dari berbagai kelompok/golongan, saling membangun pengertian  dengan tujuan yang sama. 

Setiap elemen bergerak, berkomunikasi satu dengan yang lainnya untuk menemukan tokoh dan penggerak revolusi.

Dalam revolusi tidak ada istilah orang di belakang layar semua terbuka dan bergerak, misal tidak ada orang yang sambil tidur-tuduran main Hp kemudian menyatakan dirinya bergerak, bergerak adalah berjuang dengan caranya, bisa menyumbang makanan, tempat tinggal dst..

Berjuang pemikiran? Dalam fase ini tidak  ada yang bermimpi,  semuanya adalah dalam pergerakan.

Biasanya untuk menemukan tokoh revolusi diperlukan pembicaraan yang fokus dan intens. Setiap elemen berusaha membuka  komunikasi seluas luasnya untuk saling membangun komunikasi dan saling pengertian.

Dalam fase ini tidak boleh terjadi perbedaan..semua memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menjatuhkan rezim yang sedang berkuasa. Perbedaan yang ada  biasanya dikesampingkan dulu.

Ayatullah Khumaini dari Perancis cukup menggerakkan rakyat melalui kertas-kertas setensilan dan panyebaran kaset-kaset pidatonya dari pengasingannya di Perancis.

Tapi di dalam negeri ketika itu banyak pasdaran dan garda revolusi yang bukan massa cair. Merekalah yang kemudian menuntaskan revolusi di Iran tahun 1979, di mana Bani Sadr menjadi presiden pertama pasca revolusi ketika itu.

Penggerak revolusi bila memang betul-betul terjadi di suatu negara yang sedang dikacaukan oleh suatu rezim dzolim, maka yang  diperlukan adalah tokoh dan figur yang menjadi rujukan. Tanpa itu, yang terjadi adalah kesia-siaan.

Waulohu a’lam bissawab

Anies Ingin Dijadikan Tumbal

Sebelumnya

Brimob Jahat dan Brimob Baik

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Gelitik