Liverpool ke Final Liga Champions setelah Balik Pecundangi Barcelona 4-0
Kegembiraan pemain-pemain Liverpool yang mengalahkan Barcelona dinihari tadi.
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta — Misi hampir mustahil lolos ke final Liga Champions dibalikkan oleh Liverpool. Tertinggal 0-3 di leg pertama semifinal dari Barcelona, dini hari tadi The Red membalas dengan skor 4-0.

Empat gol tanpa balas itu mengubah agregrat 0-3 menjadi 4-3. Liverpool pun melangkah ke final dengan menunggu pemenang antara Ajax Amsterdam melawan Tottenham Hotspur yang baru akan main Kamis dinihari WIB. 

Liverpool masuk lapangan tanpa beban. Ketinggalan 3 gol di leg pertama sudah dilupakan. Dukungan pentonton sebagai tuan rumah mendapat bantuan moril. Modal tanpa beban dan sokongan pendukungnya inilah yang membuat Liverpool membalikkan keadaan.

Buktinya, di menit ke 7 anak asuh Juergen Klopp ini sudah mengoyak jala Barcelona lewat Divock Origi. Usai gol itu, Liverpool mendapat angin. Barcelona pun tetap meladeni serangan-serangan berbahaya The Red.

Babak pertama pertandingan berjalan sedit alot. Dua kartu kuning keluar dari saku wasit Cuneyt Cakir dari Turki. Satu diberikan kepada Fabinho dari Liverpool dan satu kartu lainnya untuk pemain Barcelona Sergio Basquest. 

Pertandingan babak kedua dimulai dengan skor 1-0 untuk Liverpool. Pada menir 54, Georginio Wijnaldum menambah gol menjadi 2-0. Umpan matang dari Alexander Arnold tak disia-siakan Wijnaldum.

Dengan 2 gol ditangan, Liverpool seperti kesetanan. Dua menit berselang Wijnaludum kembali mengoyak gawang Marc Andre Ter Stegen, sehingga skor menjadi 3-0. Kini agregat gol menjadi sama, 3-3. 

Dua kartu kuning kembali dikeluarkan wasit di babak ini. Kartu diberikan kepada Joel Matip dari Liverpool di menit ke 66 dan  di menit ke 75 diberikan kepada Nelson Somedo dari Barcelona.

Sabebenarnya, Barcelona tinggal mencetak 1 gol saja meski kalah 3-1 dari Lionel Messi dkk, Barcelona sudah bisa mengunci lolos ke final. Namun apa daya, justru tuan rumah Liverpool yang melesakkan gol keempatnya. Ter Stegen harus kembali memungut bola dari gawangnya hasil tendangan Divock Origi. 4-0 untuk Liverpoool. 

Empat gol tanpa balas melawan raksasa Spanyol macam Barcelona  adalah capaian luar biasa. Misi yang hampir mustahil itu mampu dibalikkan oleh Mohamed Salah dan kawan-kawan.

Di final Liverpool menunggu pemenang antara Ajax Amsterdam versus Tottenham Hotspur. Ajax di leg pertama mengejutkan publik bola dengan skor 1-0. Meski menang tipis, Ajax seperti merebut perhatian lantaran teknik dan organisasi permainannya yang mengagumkan. 

SUSUNAN  PEMAIN

Liverpool (4-3-3):
Alisson Becker, Alexander Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, A Robertson, Jordan Henderson, Fabinho, James Milner, Xherdan Shaqiri, Divock Origi, Sadio Mane.
Pelatih: Juegen Klopp. 

Barvcelona (4-3-3):
Marc Andre Ter Stegen, Sergi Roberto, Gerard Pique, C Lenglet, Jordi Alba, Arturo Vidal, Sergio Basquets, Ivan Rakitic, Lionel Messi, Luiz Suarez, Philippe Coutinho. 
Pelatih: Ernesto Valverde.

(lms)

Liverpool Gasak Newcastle, MU dan Chelsea Juga Menang

Sebelumnya

Hancur Lebur Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Sepakbola