Video Saat Kapal Pengawal Vietnam Menabrak KRI di Perairan Natuna
Kapal Coast Guard Vietnam akan menabrak KRI Tjipradi-381. Lihat videonya di akhir berita.
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta —  Satu insiden laut kembali terjadi di Perairan Natuna Utara. Sebuah kapal pengawal Vietnam menabrak KRI Tjiptadi bernomor lambung 381 milik TNI Angkatan Laut. 

Insiden itu terjadi pada Sabtu pukul 14.43,  saat KRI Tjiptadi-381 ingin menindak kapal asing penangkap ikan ilegal di perairan wilayah Indonesia. Kapal asinf itu berbendera Viietnam dengan nama BD-979. 
  
  Rupanya kapal ikan ilegal itu dikawal oleh kapal Coast Guard berlambung KN 264 dan KN 231 yang merupakan  pengawal perikanan negara Vietnam.

“Saat TNI AL hendak memeriksa awak kapal ikan itu, Coast Guard Vietnam berusaha menghalangi dan memprovokasi dengan cara menabrakkan kapalnya ke lambung kiri KIA. Dorongan itu membuat kapal asing yang akan ditangkap menabrak KRI Tjiptadi-381,” kata Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yuda Margono dalam keterangannya, Minggu (28/4).

Berdasarkan lokasi penangkapan, kejadian itu ada di perairan Indonesia, jadi tindakan penangkapan yang dilaksanakan oleh KRI Tjiptadi-381 adalah sudah benar dan sesuai prosedur. 

“Namun, pihak Vietnam juga mengklaim bahwa wilayah itu merupakan perairan Vietnam,” jelasnya.

Dalam insiden itu,  kapal  BD 979 mengalami kebocoran hingga  sehingga    tenggelam. Dalam kapal itu, ada 12 awak kapal yang berhasil diamankan ke atas KRI TPD-381. (lms)

Vide saat kapal Vietnam menabrak KRI Tjiptadi-381: 

Penanganan Sumur YYA-1, Pengeboran Relief Well Tembus 1.947 Meter

Sebelumnya

Situasi Makin Kondusif, Pertamina Kembali Salurkan BBM di Papua

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News