Anies Muda Suka Tour Pakai Vespa, Ini Kisahnya
Anies Baswedan mengendarai Vespa klasiknya.
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menceritakan pengalaman gemar melakukan tur menggunakan sepeda motor merek Vespa ketika berusia muda di Yogyakarta.

“Dulu saya sering melakukan (tur), dari Yogyakarta ke Semarang, Yogyakarta sampai ke Solo, kemudian Purworejo,” ucap Anies disela-sela acara Indonesia Vespa Days 2019 di Jakarta Selatan, Minggu.

Anies mengaku rutin menjalani tur baik sendiri maupun bersama teman-temannya. Kegemaran itu dilatarbelakangi sebuah Vespa Sprint 150cc produksi 1968 sebagai warisan dari ayahnya.

Tur dengan Vespa, menurut Anies, merupakan kegiatan yang menyenangkan. Dengan tur itu, dia bisa memperoleh teman baru sekaligus bertukar pengalaman antar-sesama penyuka kendaraan ikonis asal Italia itu selama perjalanan.

“Bisa saling tukar pengalaman, tukar pengetahuan, cara-cara merawatnya. Dan, Vespa ini memang unik,” kata dia.

Anies terus menjalani hobinya itu hingga berkuliah. Saat berkerja dan pindah ke Jakarta, mantan menteri pendidikan itu tetap setia dengan motor kesayangannya.

“Alhamdulillah dirawat dan sampai sekarang masih saya pakai. Plat nomornya masih AB karena itu plat nomor Yogyakarta yang saya gunakan sampai sekarang,” ujar Anies.

Anies mengaku telah jarang melakukan perjalanan jauh menggunakan Vespa.

Namun saat akhir pekan, mantan Rektor Universitas Paramadina itu masih menyempatkan diri berkeliling Ibukota dengan motor tuanya, baik sendiri maupun ditemani sang anak bungsu, Ismail.

Anies berpesan kepada para pecinta Vespa di seluruh Indonesia untuk selalu tertib saat berkendara di jalan raya agar bisa menjadi teladan bagi para pengendara sepeda motor lainnya.

“Jadilah teladan di jalan raya karena pengguna Vespa adalah orang-orang yang menggunakan kendaraannya dengan rasa. (Perjalanan) ini bukan sekadar naik kendaraan, tapi disitu ada taste, ada rasa. Karena itu, buktikan bahwa pengguna Vespa bisa jadi teladan dalam berlalu lintas,” ujarnya. (idn/att/lms)

CILETUH YANG MENYENTUH

Sebelumnya

Dokter Prancis: Mengubah Warna Mata, Mengapa Tidak?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Gaya Hidup