Dua Topik Hangat Usai Jalan Sehat dan Silaturahmi KFJS Jakarta
Suasana diskusi kecil usai jalan sehat KFJS Jakarta pada Sabtu (20/4/) di kawasan Monas Jakarta.
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta —  Komunitas Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang bergabung dalam grup KFJS Jakarta kembali bersikaturahmi dalam momen jalan sehat di Monas, Sabtu pagi (20/4). Pekan lalu juga jalan sehat namun, kalu inu diikuti sedikitnya 15 pegiat jalan sehat. 

Hadir antara lain pendiri KFJS Afni Achmad, Sofhian Mile, Uncu Natsir, Asnawi Hamid, Komaruddin Rachmat, Lilik Muflihun,  Surya Darma, Abdullah Hafid, Ahmad Yani, dan Acil. 

Sedangkan dari kalangan perempuan hadir Uni Yocie, Nini Angraeni, Idar Husni,  Nelly Surya, Faizah, Kasma Kasim, dan Tenri Ajeng. Usai jalan sehat mengelilingi tugu Monas, para mantan aktivis HMI ini duduk lesehan untuk berdiskusi kecil seperti sebelum-sebelumnya.

Diskusi seputar isu-isu hangat dan aktual. Karena baru saja selesai pemungutan suara   pemilu serentak 2019, pada 17 April lalu, maka obrol-obrol ringan itu berkutat pada hasil-hasil pencoblosan. Yang hangat tentu saja adalah hasil quick count dan real count pilpres.

Ya pencoblosan memang sudah selesai, namun terjadi saling klaim. Pasangan  nomor 01 menang di quick count, namun pasangan 02 mengklaim menang  berdasarkan real count berbasis form C1 yang dikumpulkan dari 400 ribuan TPS. 

Bahkan ada pelesetan begini. Jokowi menang di TV, Prabowo menang di TPS. Kita mencoblos di TV apa di TPS sih?  Pelesetan-pelesetan seperti ini mewarnai diskusi ringan di Monas tersebut. 

“Quick count  itu menjadikan masyarakat terbelah. Mereka juga memframing kemenangan ada di pihak mana. Ini sangat berbahaya di tengah kuatnya arus ganti presiden,” kata Afni Achmad.

Sofhian Mile mengatakan, framing kemenangan 01 itu justru berhadapan dengan massive-nya kecurangan dan counter isu dengan kemenangan di kubu Prabowo berdasarkan hasil real count. 

“Jadi ini perang framing. Di satu sisi quick count banyak dipercaya, tapi di sisi lain berkembang keyakinan terjadinya kecurangan massive berdasarkan laporan-laporan di medsos. Masyarakat lebih yakin dengan kemenangan  Prabowo,” katanya.

Selain topik itu, ada topik lain yaitu apa yang dilakukan di bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi. Pada kesempatan itu KFJS Jakarta menjadwalkan teraweh bersama dari rumah ke rumah. (lms)

Jalan Sehat KFJS Jakarta Jelang Ramadhan

Sebelumnya

Jalan Sehat KFJS Yes, Diskusi Pilpres Yes

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Kesehatan