Surat Suara Tercoblos 01, Relawan KAPAS: Copot Dubes RI  Malaysia
Sofhian Mile
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta — Kasus 100 lebih kardus surat suara tercoblos 01 di Bandar Baru, Bangi, Selangor Malaysia mendapat reaksi keras dari dalam negeri.  Setelah BPN Prabowo Sandi, Gerindra, dan elite parpol mengecam kecurangan itu, tadi malam giliran Relawan KAPAS berteriak.

Sofhian Mile dari Relawan KAPAS mengatakan peristiwa sudah dicoblosnya surat suara untuk paslon 01 sangat disayangkan. Apalagi ini terjadi di negara sahabat.  

“Tercoblosnya surat suara itu sangat melukai demokrasi Indonesia yang tengah dibangun oleh segenap bangsa ini.  Terlebih karena kita disebut-sebut sebagai negara demokrasi ketiga terbesar,” kata Sofhian Mile.

Namun, kata Sofhian, kejadian  di Malaysia sungguh merusak tatanan yang sudah dibangun. Kredibilitas sebagai negara demokrasi jatuh. Malaysia yang pelan-pelan mencontoh demokrasi kita pun akhirnya memandang negatif.

“Kejadian di Malaysia ini juga berimbas pada kekuatan diplomasi kita di ASEAN terutama di Malaysia ini. Karena itu Kedutaan besar RI di Malaysia harus bertanggungjawab atas ketidakmampuannya menjaga demokratisasi kita,” kata mantan anggota DPR RI selama 3 periode ini.

Sofhian mengatakan, agar tidak menjadi liar, dan cepat terantisipasi, maka langkah terbaik adalah mengganti Dubes RI Malaysia, Rusdi Kirana.  Apalagi, diketahui ada anak Rusdi Kirana yang menjadi caleg dapil Luar Negeri. 

“Alasan rasional kami adalah untuk menjaga pandangan negatif terhadap Duta Besar RI, yang dikait-kaitkan dengan anak, dan bisa saja dianggap berafiliasi dengan salah satu partai politik,” bebernya.

Sofhian pun meminta aparat mengusut tuntas kasus ini. Sebab, kasus ini mencoreng wajah demokrasi Indonesia. Harus dituntaskan dan diproses secara transparan siapa pun yang terlibat 

“Kasus ini jangan dibiarkan menjadi liar. KPU dan Bawaslu harus aktif, tidak menunggu apa kata TKN, polisi. Jika KPU dan Bawaslu masuk angin, tentu akan ada yang mengadukan ke DKPP,” katanya. 

Kasus surat suara yang sudah dicoblos 01 di Bandar Baru Bangi Selangor Malaysia ini ditemukan oleh warga Kamis  sekitar jam 12.00 waktu setempat. 

Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara mengatakan dalam surat suara itu telah tercoblos  untuk pasangan calon 01.  Juga sudah tercoblos nama-nama caleg NasDem. 

“Jadi, berdasarkan sampel yang kita ambil, terdapat beberapa surat suara yang sudah dicoblos. Semuanya   mencoblos 01,” katanya. (lms)

Tulisan Mochamad Toha Kembali Viral dan Jadi Polemik

Sebelumnya

Ini Kisah Tiga Bersaudara Merebut Tiga Kursi DPRD Banten

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Politik