Anies: Insya Allah Jakarta Akan Punya Stadion Kelas Dunia
Anies Baswedan (kedua dari kanan) melihat maket Internastional Stadiium Jakarta. Rancangan visualnya bisa disaksikan pada video di bawah berita.
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta — Jika tak ada aral melintang, tahun 2021 mendatang Jakarta sudah punya stadion yang bertaraf internasional. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini, Kamis (14/3) secara simbolis menandai pembangunannya dalam acara seremoni di  Taman BMW Jakarta Utara.

Stadion Internasional yang dibangun PT Jakarta Propertindo ini merupakan stadion pertama di Indonesia yang berkelas dunia. Akan sekelas dengan stadion Old Trafford di Inggris, stadion Bernabeu di Spanyol,  Allinz Arena di Jerman. 

Anies Baswedan dalam sambutannya mengatakan, pembangunan Jakarta International Stadium ini merupakan janji pemerintahannya kepada masyarakat Jakarta. Ini juga adalah mimpi jutaan warga ibu kota.

“Alhamdulilah hari ini salah satu janji kita pada masyarakat ibu kota, yaitu membangun stadion sepakbola kelas dunia, sudah dimulai pembangunannya. Ini adalah mimpi bagi jutaan warga ibu kota,” kata Anies.

Anies mengatakan, ini akan menjadi stadion yang InsyaAllah bukan hanya kebanggaan ibu kota tapi juga Indonesia dan stadion sepak bola yang betul-betul bertaraf dunia. ⁣

Pembangunannya pun dirancang untuk bisa digunakan di berbagai kegiatan baik olahraga maupun kegiatan seni dan budaya. 

“Kita rancang agar benar2 menjadi contoh sebuah gedung dengan prinsip ramah lingkungan, kelas platinum tertinggi dalam konsep green building,” ujarnya. 

Tak hanya itu, stadion ini juga tidak berdiri sendiri,  tapi terintegrasi sebagai satu kawasan dengan danau dan seluruh kegiatan di tempat ini selalu dirancang agar warga mudah menggunakan transportasi umum.⁣

Di kawasan ini nanti ada stasiun MRT fase 2 yang lokasinya persis di sebelah utara dan akan ada revitalisasi di stasiun kereta api, akan ada akses dari tol juga. 

“Harapannya semua penonton yang datang ke tempat ini datang bukan dengan kendaraan pribadi tapi dengan kendaraan umum,” kata Anie seperti juga yang disampaikannya di akun-akun medsosnya, Kamis.⁣

Gubernur menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat di dalam proses pembangunan stadion ini. Bukan hanya dalam enam bulan terakhir , bukan hanya dalam setahun terakhir, tapi sejak bertahun-tahun yang lalu. 

Saat  lahan ini mulai direncanakan sebagai tujuan pembangunan sarana rekreasi olahraga. Di situ banyak terlibat, ribuan jumlahnya, para gubernur, para aparat pemprov, masyarakat yang mengawal proses ini sejak bertahun-tahun yang lalu.⁣

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada teman-teman di DPRD DKI Jakarta, dukungan dari mereka memungkinkan kita memulai untuk melakukan pembangunan di tempat ini hari ini,” kata Anies.

Stadion Internasional Jakarta ini berlokasi di Taman BMW Jakarta Utara.  Biaya pembangunannya dengan freefeasiblilty study Rp 5 triliun.  Stadion dengan kapasitas 80 ribu penonton. 

Di stadion ini pula tidak ada lintasan atletik, namun tidak juga murni untuk sepakbola, tapi juga untuk kegiatan seni, kebudayaan, dan sosial. 

Saat menandai pembangunannya, Anies mengenakan kaos Persija didampingi Wakil Ketua DPRD Jakarta M Taufik serta sejumlah legenda Persija Jakarta. 

 Anies menendang bola sebagai simbol kick off pembangunan di kawasan Taman BMW. Suporter Persija, The Jakmania, dan Persitara Jakarta Utara, NJ Mania, menyambut meriah saat Anies menendang bola. 

“Hari ini peluit pertama dibunyikan, babak baru dimulai, mari kita bertepuk tangan dan apresiasi kepada semua yang terlibat dalam proses ini dan terus kawal bersama pembangunan stadion ini, InsyaAllah 2021 kita tuntaskan semua,” kata Anies. (lms)

Anak Proklamator Bung Hatta Apresiasi Gubernur DKI

Sebelumnya

UMA dan Dinas Teknis Jajaki Kerjasama Penerapan Energi Terbarukan di DKI

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Jabodetabek