Anies Cek Langsung Kondisi Pompa-Pompa Air di Wilayah Utara Jakarta
Gubernur Anies Baswedan mengecek kesiapan pompa-pompa air di Jakarta Utara, Sabtu (9/3).
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta —  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, berbagai wilayah Indonesia beberapa hari ini mengalami cuaca ekstrim, termasuk di Jakarta. Curah hujan ekstrim, kiriman air dari hulu dan ditambah rob pasang laut tinggi adalah sebuah kombinasi yg cukup menantang

Di Jakarta, kerusakan pompa air adalah alat penting menjaga aliran air agar bisa mengatasi banjir. Jika pompa rusak, kecepatan mengalirkan air menjadi berkurang sehingga terjadilah genangan.

Mengapa perlu ada pompa? Menurut Anies, permukaan tanah lebih rendah daripada permukaan air sungai. Jadi ketika curah hujan tinggi di daerah yang tanahnya rendah itu air harus dialirkan ke sungai dengan pompa.

“Di beberapa wilayah di utara Jakarta mengalami percepatan penurunan permukaan tanah selama beberapa dekade terakhir.  Jika  ada rob, kita perlu pompa untuk mengalirkan air sungai ke Laut Jawa,” kata Anies seperti juga disampaikan di akun medsosnya Sabtu malam (9/3).

Anies mengatakan, Pemprov DKI  memiliki lebih dari 450 pompa raksasa. Pompa ini, pertama untuk mengalirkan air dari pemukiman ke sungai dan kedua  mengalirkan dari sungai ke laut.

“Alhamdulillah, semua telah surut walau ada beberapa area yang terlambat surutnya karena pompa rusak sehingga harus digantikan pompa mobil,” kata Anies.

Menurut BMKG, tambah Anies,  curah hujan di DKI Jakarta masih tinggi sepanjang bulan Maret 2019. “Karena itu. kita terus siaga utk memastikan tidak terjadi banjir.  InsyaAllah,” katanya.

Hari ini, Sabtu, Anies bersama Sekda, Walikota dan Asisten Bidang Pembangunan mengecek kesiapan pintu-pintu air dari Istiqlal hingga Ancol. 

“Kita ingin memastikan kembali semua pompa bekerja dgn baik. Pompa-pompa mobile juga telah disiagakan di titik-titik yang kemarin terdampak,” pungkasnya. (lms)

Bismillah, Festival Jakarta Great Sale 2019 Dibuka

Sebelumnya

Gubernur Anies Baswedan Inspeksi Kawasan Jalan Thamrin Semalam

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Jabodetabek