Anies Baswedan Mengembalikan Pemrov DKI pada Konstitusi UUD 45.
Geisz Chalifah
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta —  Langkah demi langkah yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terus mendapat apresiasi. Setelah menuntaskan semua janji-janji kampanyenya, kini Anies mengambil langkah besar dengan mengambil alih pengelolaan air bersih di DKI Jakarta. 

Selama ini pengelolaan air bersih di DKI Jakarta ditangani pihak swasta, namun puluhan tahun justru tidak mampu memenuhi kebutuhan air bersih warga Jakarta. Dua perusahaan swasta dinilai gagal memenuhi hajat hidup orang banyak di Jakarta. 

Kebijakan Gubernur Anies Baswedan dengan mengambil alih pengelolaan air bersih dari pihak swasta untuk dikelola oleh Pemrov DKI itu diapresiasi berbagai pihak. Salah satunya  dari produser Jakarta Melayu Festival,  Geisz Chalifah. 

Menurut Geisz, kebijakan  Gubernur DKI Anies Baswedan adalah melaksanakan Konstitusi Negara UUD 45, khususnya pada Pasal 33 ayat 3 yang menyatakan; Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. 

“Kebijakan Anies sejalan dengan semangat konstitusi. Tentu saja kebijakan ini harus kita kawal bersama dan pengelolaannya harus lebih baik dari sebelumnya,” kata Geisz di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Dikatakan, sudah bukan jamannya lagi bersikap pesimis pada kinerja pemerintah,  dalam hal ini PAM Jaya. Bila dulu ada anggapan bahwa kinerja swasta selalu  lebih efisien dan profesional,  namun dalam hal pengelolaan air nyatanya tidak. 

“Dan perusahaan milik  Pemrov yang sekarang ini tentu saja akan lebih maksimal kinerjanya karena masyarakat yang berkepentingan ikut mengawasinya secara bersama-sama,” katanya.

Permasalahan air bersih adalah merupakan kepentingan primer warga Jakarta, bahkan seluruh alam raya bergantung pada sumber daya air. 

Bila kinerja Pam Jaya dalam pengelolaan air bersih mencapai tingkat maksimal dengan memberi manfaat besar pada  publik,  maka maju kotanya bahagia warganya bukan saja slogan tapi nyata dirasakan oleh masyarakat.  (lms) 

Anies Baswedan Berkisah tentang MH Thamrin dan Persija Jakarta

Sebelumnya

Resmikan Gelanggang Remaja Matraman, Ini Harapan Anies Baswedan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Jabodetabek