Anies Baswedan Dapat Dukungan Warganet, Bawaslu Dikecam
Guberrnur DKI Jakarta Anies Baswedan
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  kemarin (7/1) diperiksa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jakarta. Anies dimintai keterangan terkait pose dua jari di acara Konferensi Nasional Gerindra di Sentul International Convention Center, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (17/12).

Pada acara itu, Anies diberi kesempatan naik panggung dan berpose dua jari saat foto bersama. Anies juga berbicara tentang jasa Prabowo saat ia maju di Pilgub DKI 2017 bersama Sandiaga Uno, yang diusung Gerindra-PKS.

Pose dua jari itulah yang  kemudian dilaporkan oleh Garda Nasional untuk Rakyat (GNR) kepada Bawaslu Bogor. GNR menyebut gestur dua jari itu merupakan simbol kampanye karena dilakukan dalam acara Konferensi Nasional Gerindra. 

Mereka mencurigai Anies memanfaatkan jabatannya sebagai kepala daerah untuk mendukung pasangan capres nomor 02. Bawaslu menanggapi dan  mensinyalir Anies kampanye terselubung. 

Atas itu, Bawaslu memanggil Anies untuk diklarifikasi. Tidak di Bogor tapi di Jakarta.  Anies menyebut dirinya dipanggil Bawaslu Bogor. Namun, pemeriksaan dilakukan di Jakarta agar mempermudah proses.

Menanggapi pemeriksaan itu, sejumlah akun twitter ramai-ramai membela Anies. Ustad Hassan Haikal, misalnya, berteriak: 
kenapa Luhut acungkan gak diperiksa? 
Sedangkan Anies acungkan diperiksa?

“Karena seribu Luhut acungkan apapun gak ada pengaruh buat rakyat, tapi satu Anies akan diikuti seluruh rakyat Indonesia,
Sampai disini paham? 
Kenapa mereka panik?,” ciut Hassan Haikal Barras di akun twitternya @haikal_hassan

Samentara akun @putrabanten80 menciut begini: 
“Sama-Sama Pemimpin Daerah Dan Sama Ngacungin Jari Hanya Beda Dukungan, Tapi Perlakuannya Berbeda. Seperti Inikah Keadilan?”

Akun @putrabanten80 kembali mencuit: 
Semakin Liar Rezim ini, Tajam Ke Pihak Oposisi Tapi Tumpul Ke Pihak  Penguasa?

“Saya tdk akan pernah percaya @bawaslu_RI sebelum gubernur yg mengacungkan jari 1 mendukung jokowi dipanggil juga dan diminta keterangan..... semoga @bawaslu_RI sadar klo usia adalah urusan Allah.... msh ad waktu utk bertaubat,” katanya mencuit lagi.

Akun lain menulis: “Soal Simbol dua jari dan simbol satu jari itu langgar peraturan atau ketentuan? Ko pake klarifikasi segala?” 

Sedangkan aku  @inoninataa menulis:  “Saya tdk akan pernah percaya @bawaslu_RI sebelum gubernur yg mengacungkan jari 1 mendukung jokowi dipanggil juga dan diminta keterangan..... semoga @bawaslu_RI sadar klo usia adalah urusan Allah.... msh ad waktu utk bertaubat.”

Tak hanya itu, ratusan akun twitter lainnya ikut mendukung Anies dan mendoakannya. Akun @BNurvia misalnya, menulis:  Tokoh oposisi apa lgi seorang anies yg prnh bersaing dng ahox dendam kesumat masih mlekat di hati rezim...anies baswedan pasti dibidik dicari celah kesalahannya ..pak anies rakyat bersamamu ..”

Sedangkan @Sulvis69 mencicit juga dengan menulis:  “Bawaslu...jangan jadi Tirani. Berkacalah kpd Kepala.Daerah lainnja , yg terang2an Mendukung JKW dan Mengangkat Satu Jari ..@bawaslu_RI ..jgn lah Jadi Fir’aun generasi selanjutnja.” (lms)

Sandi Sampaikan Duka Cita Atas Korban Serangan Teroris di Selandia Baru

Sebelumnya

Ketua KPK: Benar, Saat Ini Rommy Menjalani Pemeriksaan di Polda Jatim

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News