India Pukul Thailand 4-1, Yordania Tekuk Juara Bertahan Australia 1-0
India (putih) melawan Thailand.
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta —  Timnas India memukul  Thailand dalam laga penyisihan grup Piala Asia 2019 yang  berlangsung di Abu Dhabi, Ahad malam tadi (6/1) WIB. Wakil Asia Tenggara itu dipecundangi dengan skor 4-1.

Thailand tidak menyangka mendapat lawan yang agresif. Operan-orang pemain India terlihat akurat. Sementara pemain belakang  Thailand seperti tidak solid.

Pada menit ke 27 India mendapatkan hadiah penalti. Sunil Chetni sebagai algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan tendangan dari titik putih tersebut. 1-0 untuk India. 

Enam menit  berselang, Thailand membalas lewat  Teerasil Dangda hasil kerjasama dengan Bunmatan. Kedudukan 1-1 hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, India kerjasamanya yang baik, meski permainan berlangsung saling jual beli serangan.   Baru 1 menit babak kedua, Sunil kembali mencetak gol untuk India berkat umpan Udanta Singh. 2-1 untuk India.

Pada menit ke 66, Udanta Singh kembali berperan untuk timnya. Sodorannya langsung dimanfaatkan Aniruth Thaga sehingga kedudukan menjadi 3-1 untuk India. 

Pada menit ke-40, Jeje Lalpekhlua menambah keunggulan India menjadu 4-1 berkat golnya hasil umpan Halicharan Narzary.  Kedudukan 4-1  itu tidak berubah sampai pertandingan usai. 

Pada pertandinga  lain, Yordania mengamankan tiga poin setelah mempecundangi juara bertahan Australia dengan skor 1-0 dalam pertandingan Grup B Piala Asia yang dimainkan di Stadion Hazza Bin Zayed, Al Ain, Uni Emirat Arab pada Minggu malam WIB.

Gol semata wayang di laga ini dibukukan oleh bek tengah Anas Bani Yaseen pada menit ke-26, demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Berbekal hasil ini Yordania memuncaki klasemen sementara Grup B dengan koleksi tiga poin, sedangkan Socceroos harus menduduki posisi juru kunci, meski dua tim lain di grup ini, Palestina dan Suriah, belum bertanding.

Australia tampil gugup sejak awal dan penampilan kurang meyakinkan mereka membuat Socceroos harus kemasukan pada menit ke-26, ketika Bani Yaseen sukses menanduk bola tendangan sudut Mousa Suleiman.

Yordania bahkan hampir menggandakan keunggulan empat menit berselang, ketika kiper Mathew Ryan menepis tendangan bebas Baha Abdel-Rahman ke arah tiang gawang.

Pasukan Graham Arnold mendapat peluang melalui sepakan Awer Mabil, meski mereka kurang beruntung karena tidak mendapat hadiah penalti untuk apa yang terlihat sebagai handball oleh Feras Shilbaya beberapa saat sebelum turun minum.

Chris Ikonomidis masuk menggantikan Robbie Kruse pada babak kedua dan pemain sayap Perth Glory itu segera menebar ancaman menyusul tembakan dari Tom Rogic, yang kemudian menyia-nyiakan peluang yang lebih baik pada 20 menit terakhir.

Namun meski mendominasi penguasaan bola dan wilayah, Australia tidak banyak menciptakan peluang selain tembakan Mabil dan penyelesaian Jamie Maclaren yang tidak disahkan karena offside.

Ikonomidis dan Jackson Irvine berupaya keras menyamakan kedudukan pada fase akhir laga, namun kiper Amer Shafi mampu melakukan penyelamatan ganda untuk mengamankan tiga poin bagi timnya.

Susunan pemain Australia dan Yordania:

Australia (4-2-3-1): 
Ryan, Risdon (Grant 46’), Sainsbury, Degenek, Behich, Luongo (Irvine 74’), Milligan, Mabil, Rogic, Kruse (Ikonomidis 55’), Maclaren

Yordania (4-2-3-1): 
Shafi, Shelbaieh, Khattab, Bani Yaseen, Al Ajalin, Abdulrahman, Murjan (Samir 90’), Al Rawashdeh, Al Bakheet (Hamdouni 88’), Baniateyah, Al Taamari (Faisal 72’). (ara/lms/an)

MU Sukses Jalankan Taktiknya Saat Bekuk Spurs

Sebelumnya

Piala Italia, AC Milan Lolos ke Perempat Final

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Sepakbola