KFJS Jakarta Akhiri Tour Jalan Sehat Geopark Ciletuh
Jalan Sehat KFJS Jakarta di Ciletuh Geopark Pelabuhab Ratu
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta — Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang tergabung dalam komunitas KAHMI Forever Jalan Sehat (KFJS) Jakarta, hari ini, Ahad,  mengakhiri tour jalan sehat di kawasan Geopark Ciletuh, Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Jewa Barat.

Tour KFJS Jakarta ke Ciletuh berangkat Jumat pagi jam 09.00 WIB dengan kendaraan roda empat. Sedikitnya 9 kendaraan pagi itu berkonvoi menelusuri jalan tol menuju Sukabumi dengan tujuan Pelabuhanratu, kemudian Ciletuh. 

Perjalanan ke Ciletuh hanya memakan waktu 5 jam lewat akses jalan baru Loji. Akses menuju  ke kawasan seluas 128 hektar itu juga sudah diperbanyak. Selain lewar Loji, juga masuk lewat akses jalan Waluran. Saat ini sedang dibangun akses jalan Paltiga. 

Ada 30-an pegiat jalan sehat KFJS Jakarta yang ikut. Mereka antara lain pendiri KFJS Afni Achmad, Tigor Sihite, Ferry Mursyidan Baldan, Syamsuddin Ch Haesy, Lilik Muflihun, Agus Salim, Anthony Hilman, Asnawi Hamid, Unchu Natsir, Komaruddin Rahmat, Geisz Chalifah, Bung Karmin, Moh Bahri, Sisferi Datuk Gonjong, dan Ayub Suratman.

Kemudiian ada nama Hanifah Husein, Jumrana Salikki, Farida Islahiyah Sihite, Dhifla Wiyani, Jamila Abdul Gani, Uni
Karmin, Yuzaini Asnam, dan Helwa Alkatiri. 

Salama 3 hari dua malam para pegiat KFJS Jakarta ini benar-benar menikmati alam,  pantai, air terjun, goa, situs, dan pemandangan alam ketinggian. Dari satu tempat ke tempat lain dengan jalan sehat, fun walk.

Ada lima  tempat asyik didatangi oleh para pegiat jalan sehat ini di Ciletuh. Yaitu Curug Cimarinjung, Curug Sodong, Pantai Palampang,  tebing Panenjoan, dan Puncak Darma.

Geopark Ciletuh terletak di kawasan Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi,  Jawa Barat. Itu karena Ciletuh bertautan dengan Pelabuhanratu yang menjadi kota terdekatnya.  Badan dunia di bawah PBB, Unesco,  mensertifikatkan taman bumi  ini dengan nama Geopark Ciletuh-Pelabuhanratu. 

Taman Bumi Nasional Ciletuh-Palabuhanratu merupakan  sebuah konsep manajemen pengelolaan kawasan yang menyerasikan keragaman geologi, hayati, dan budaya. Ciletuh dibangun pemerintah Jawa Barat melalui prinsip konservasi, edukasi, dan pembangunan yang berkelanjutan di 8 kecamatan di kawasan  itu. 

Geopark Ciletuh  adalah  tempat wisata baru di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat sekaligus merupakan Geopark Nasional Indonesia yang telah diakui UNESCO pada tahun 2017.

 Saat ini Geopark Nasional Palabuhanratu sedang diusulkan menjadi Geopark Internasional atau Global Geopark Network (GGN) agar  agar kembali diakui UNESCO.
 
 Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Deny Juanda, mengatakan perjuangan pemerintah untuk mendapatkan  sertifikat ini melengkapi perjuangan agar taman bumi Ciletuh menjadi warisan dunia.
 
 Tak hanya jalan sehat, para pegiat KFJS Jakarta ini juga menikmati kuliner sepanjang jalan dan di lokasi. Ikan laut, duren,  cemilan khas setempat. Selain santap di tempat, juga dibawa pulang sebagai oleholeh. 
 
 Ahad siang, rombongan KFJS Jakarta yang dipimpin Afni Achmad kembali ke ibukota dengan konvoi Ciletuh-Palabuhanratu-Jakarta. Tuntas sudah satu silaturahmi sehat di awal tahun baru 2019 ini. (lms)

Jalan Sehat KFJS Jakarta Jelang Ramadhan

Sebelumnya

Jalan Sehat KFJS Yes, Diskusi Pilpres Yes

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Nasional