Massa Umat Islam Sudah Padati Monas
Suasana malam ini di pelataran Monas
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta— Peserta Reuni 212 sudah memadati kawasan Monas. Ribuan peserta berangsek masuk di kawasan Monumen Nasional malam ini.  Dalam foto tampak massa sudah membeludak.  

Di pelataran kawasan Monas ada koridor taman dan rumput, dan ada pula area berjalan yang terbuat papin blok.  Rumput sesuai larangan tidak bisa diinjak oleh pengunjung. Massa yang memasuki area ini pun taat dan tak menginjak rumput atau merusak taman.

Sebagaimana kabar yang beredar, Reuni 212 dihadiri jutaan umat Islam dari seluruh Indonesia. Sejak siang, massa dari luar kota sudah masuk Jakarta. Sementara peserta jalan kaki dari daerah-daerah wilayah Jawa Barat malam ini pun sudah ada yang sampai Jakarta. Sebagian lagi diperkirakan sampai Jakarta pada subuh besok. 

Reuni 212 adalah ajang silaturahmi dan bertemu kembali setelah peristiwa kolosal pada 2 Desember 2016 yang lalu.   Waktu itu diakui massa umat Islam mencapai 7,4 juta orang.

Berkumpulnya umat Islam 212 tahun 2016 itu adalah gerakan moral umat Islam yang dipicu oleh tindak pidana penistaan Al Quran surat Almaidah 51 oleh Gubernur DKI Jakarta waktu itu,  Basuki Tjahaja Purnama. 

Penistaan itu memantik kemarahan umat Islam sehigga muncul  gelombang aksi massa  dengan ikon 411 dan 212.  Berbagai cara dilakukan untuk menghadang gerakan ini, namun akhirnya tetap terlaksana. 

Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, Menkopolhukam Wiranto, Menag Lukman Hakim Saifuddin, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Tito Karnavian pun hadir dan naik panggung di Monas pada Jumat 2 Desember 2016 itu. 

Kini peristiwa 212 itu akan diulang dalam wujud silaturahmi dan berkumpul kembali di lapangan Monas. Malam ini, massa dengan pakaian putih sudah memadati kawasan Monumen Nasional itu.  (lms)

Relawan MN FORHATI Terus Bantu Palu

Sebelumnya

Peringatan 14 Tahun Pembunuhan Munir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Foto