Pecundangi Kroasia, Inggris Lolos ke Semifinal UEFA Nations League
Pemain-pemain Inggris bergembira usai mencetak gol ke gawang Kroasia dinihari tadi.
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta--  Inggris bangkit untuk dapat lolos ke semifinal UEFA Nations League, ketika Harry Kane dan Jesse Lingard mencetak gol saat  menang 2-1 atas Kroasia. Kroasia pun terdegradasi dari Liga A Grup 4. 

Seperti dilansir laman resmi UEFA, Inggris menghadapi prospek terdegradasi ketika pemain Kroasia Andrej Kramatic mengemas gol pada menit ke-57, namun pemain pengganti Lingard dan Kane mengemas gol pada menit ke-77 dan 85 untuk membalikkan situasi di grup.

Pasukan Gareth Southgate, yang disingkirkan Kroasia di semifinal Piala Dunia Juli silam, mendominasi sebagian besar jalannya pertandingan namun tertinggal terlebih dahulu ketika Kramaric berputar sebelum melepaskan tembakan yang terdefleksi Eric Dier.

Tetapi Lingard mampu menyamakan kedudukan dan Kane mengonversi tendangan bebas Ben Chilwell untuk memastikan Inggris memuncaki grup di mana ketiga tim — termasuk Spanyol yang memulai hari dengan menduduki posisi puncak namun menutup hari dengan berada di peringkat kedua — berpeluang lolos ke fase gugur.

Inggris menyelesaikan fase grup dengan mengoleksi tujuh poin, unggul satu poin dari Spanyol dan unggul tiga poin atas Kroasia, yang terdegradasi ke strata kedua.

The Three Lions melakukan tiga perubahan dari tim yang mengalahkan AS dalam pertandingan persahabatan pada Kamis, di mana tidak ada tempat di tim inti bagi Lingard, Trent Alexander-Arnold, dan Callum Wilson.

Sementara itu, Kroasia tidak diperkuat gelandang berpengaruh Ivan Rakitic, dan saat ia absen tim tamu menyia-nyiakan peluang emas ketika Ante Rebic melepaskan tembakan yang melambung, saat kiper Inggris Jordan Pickford berada dalam posisi yang begitu terbuka ketika laga baru berlangsung dua menit.

Ketika Inggris mulai mendominasi, bola kiriman Kane tertuju kepada Raheem Sterling, namun pemain sayap Manchester City ini melepaskan tembakan yang mengarah lurus ke kiper Kroasia Lovre Kalinic, sedangkan sepakan Kane menyambut tendangan sudut masih melambung di atas mistar gawang.

Terdapat sekelompok penggemar Kroasia yang sangat vokal di antara 78.000 penonton yang hadir, namun mereka beruntung tidak melihat timnya kemasukan ketika sepakan Kane dapat digagalkan bek Tin Jedvaj dan Kalinic, di mana tim tamu kesulitan untuk menandingi kecepatan serangan Inggris.

Sepakan voli Ross Barkley mengenai net samping gawang tidak lama sebelum turun minum, setelah turun minum Kramaric mampu menyelesaikan peluang dengan mengonversi tembakan ke gawang pertama milik Kroasia.

Inggris memasukkan Dele Alli, Jadon Sancho, dan Lingard setelah gol itu dan energi mereka terbukti menentukan saat Lingard mencetak gol pada menit ke-77.

Kedua tim terlihat berbahaya dalam 15 menit terakhir pertandingan, namun saat publik Wembley memberikan dukungan maksimal, Kane mampu mengamankan kemenangan timnya dengan menyambut tendangan bebas Chilwell sekaligus mengamankan tiket Inggris ke putaran selanjutnya.

Susunan pemain:
 Inggris (4-3-3): 
 Pickford, Walker, Gomez, Stones, Chilwell, Barkley (Alli 64’), Dier, Delph (Lingard 73’), Sterling, Kane, Rashford (Sancho 73’).
 
Kroasia (4-2-3-1): 
Kalinic, Vrsaljko (Milic 26’), Lovren, Vida, Jedvaj, Modric,Brozovic, Kramaric, Vlasic (Rog 79’), Perisic, Rebic (Brekalo 46’).  (ara/an/lms)

Rohit Chand Tak Menyangka Terpilih Pemain Terbaik Liga Indonesia

Sebelumnya

Real Madrid Mulai Konsisten, Kini Posisi 4 Klasemen

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Sepakbola