Indonesia Harus Bangun Kepercayaan untuk Bangun Gagasan Indo Pasifik
ilustrasi
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta- Indonesia harus membangun kepercayaan dan keyakinan di antara negara-negara besar di kawasan untuk mewujudkan gagasan Indo-Pasifik.

"Tanpa kepercayaan di antara negara-negara besar, sulit untuk mewujudkan gagasan tersebut" ujar Ketua UNESCO untuk Tantangan Transnasional dan Pemerintahan Amitav Archarya di Jakarta, Senin.

Kemudian, Indonesia harus menciptakan pemahaman bersama terkait gagasan Indo-Pasifik di antara negara-negara berkembang yang mempunyai lokasi strategis di kawasan.

"Menciptakan pemahaman bersama dapat dilakukan dengan dialog-dialog yang berkelanjutan untuk membahas gagasan Indo-Pasifik," ujar dia.

Di kawasan Asia Pasifik ini, terdapat empat negara besar yang memiliki kekuatan di bidang politik, ekonomi dan militer serta berpengaruh bagi kawasan. Mereka adalah Amerika Serikat, Jepang, China dan Rusia.

Selain empat negara besar tersebut, di kawasan Asia Pasifik juga terdapat Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). ASEAN adalah organisasi subregional di kawasan Asia Pasifik yang diperhitungkan oleh negara-negara "superpower" maupun negara lainnya di kawasan.

Sebelumnya, Mantan Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa mengatakan gagasan Indo-Pasifik dapat mempertahankan sentralitas dan kesatuan ASEAN baik secara geografis maupun geopolitik dalam menjaga stabilitas kawasan.

"Gagasan Indo-Pasifik sejalan dengan Treaty of Amity and Cooperation (TAC) yang dimiliki oleh ASEAN," ujar Marty Natalegawa. (azs/ant/iwk)

Anies Ikut Bahas Potensi Kerjasama Ekonomi dengan US-ASEAN Council

Sebelumnya

Begini Cerita Anies tentang Walikota Seoul

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Internasional