LIPI Serahkan Bantuan 3000 Bibit Tanaman  ke Masyarakat Papua
Gedung LIPI (foto: Orangynews.com)
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta--Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Komisi VII DPR RI menyerahkan bantuan 3.000 bibit tanaman mangga dan jati platinum kepada kelompok masyarakat orang asli Papua (OAP) di berbagai distrik atau kecamatan, Rabu (17/10/2018).

 Pemberikan bantuan untuk warga Biak itu diserahkan Kepala Loka Konservasi Biota Laut LIPI Biak, La Tanda kepada perwakilan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui Kepala Distrik Biak Timur, Paulus Dimara.

 "Bantuan bibit tanaman mangga dan jati platinum dari LIPI sebagai wujud pemberdayaan terhadap pendapatan perekonomian masyarakat kampung," ungkap La Tanda.

 Ia mengharapkan bibit yang diberikan dapat dirawat dengan baik sehingga pada empat atau lima tahun kedepan sudah dapat menghasilkan buah.

 Hasil tanaman yang dipanen, lanjut La Tanda, diharapkan  dapat dijual guna membiayai kebutuhan hidup masyarakat lokal asli Papua.

 "LIPI siap membantu masyarakat dalam membudidayakan tanaman mangga dan pohon jati supaya dapat mendatangkan pendapatan uang bagi warga asli Papua," katanya.

 Sementara itu, Tenaga ahli Komisi VII BG Siahaan mengakui bantuan bibit tanaman dari LIPI dan anggota DPR RI Komisi VII Tony Wardoyo sebagai kepedulian nyata untuk membantu masyarakat asli Papua dalam meningkatkan pendapatan warga.

 "Saya optimistis jika bibit tanaman mangga dan jati ditanam dan dirawat maka empat tahun mendatang sudah bisa dipanen untuk memperoleh tambahan uang keperluan keluarga," harap tenaga ahli Komisi VII BG Siahaan.

 Siahaan mengajak warga masyarakat yang mendapat bantuan bibit mangga dan jati bisa ditanam di lokasi perkarangan rumah sehingga dapat dirawat hingga besar berbuah.

 Kepala Distrik Biak Timur Paulus Dimara menyampaikan terima kasih kepada LIPI dan anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PDIP Tonny Wardoyo yang sudah menyalurkan bantuan bibit untuk masyarakat lokal asli orang Papua.

 "Atas nama pelaksana tugas Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap saya menyampaikan terima kasih dengan program bantuan bibit tanaman," katanya.

 Penyerahan disaksikan tenaga ahli Komisi VII BG Siahaan dan peneliti LIPI Ariani Leksonowati M.Si, Kepala Kampung Kingmom Adam Marandof, Ketua DPC PDIP Biak William G.Engels.(muh/ant/imf)

Jalan Nasional Tangse-Meulaboh Amblas Lagi, Transportasi Putus Total

Sebelumnya

Caleg DPRD Berangkatakan Ratusan Warga Surabaya Ziarahi Makam Wali

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Nusa