Mencicipi Lotek Alkateri, Kuliner Legenda Bandung
Lotek Alkateri yang sangat terkenal di Bandung. Foto: Indra wawan kurniawan/TILIK.ID
KOMENTAR

TILIK.ID, Bandung- Bandung menyuguhkan berbagai macam kuliner legenda bagi para pencinta makanan, salah satunya adalah Lotek Alkateri yang berada di Jalan ABC Nomor 16 Kota Bandung.

Lotek adalah kuliner khas sunda yang terbuat dari sayur mayur dan disiram bumbu kacang, sepintas mirip gado-gado.

Lotek Alkateri, selain dikenal sebagai ikon kuliner legendaris di Bandung, juga memiliki ciri khas dalam penyajiannya.

Penyajianya menjadi salah satu daya tarik masyarakat Bandung untuk membeli makanan khas sunda ini, yakni tidak disajikan dalam sebuah piring namun disajikan dengan bungkus 'cangkedong'.

"Ini namanya bungkusan cangkedong. Bentuknya jadi seperti corong es krim, kalau dulu tahun 80-an masih menggunakan daun kelapa. Beda sama sekarang, udah pake kertas nasi, hanya bagian dalamnya yang pake daun," kata Oom yang merupakan istri dari anak pemilik Lotek Alkateri.

Lotek Alkateri pun, mempunyai komposisi yang berbeda dengan lotek-lotek yang lain.

"Bukan sayuran, bumbu dan cabai rawit yang diulek. Di sini diberi tambahan kerupuk, jadi kerupuk sudah menyatu dengan loteknya. Supaya makannya juga enggak ribet," Ucap Oom.

Oom menambahkan, perbedaan dengan lotek yang lain pun berada pada cita rasanya. Pelanggan dapat memilih menu lotek biasa pada umumnya atau menu pahit. Jika pelanggan ingin memesan dengan cita rasa pahit, lotek diberi tambahan daun pepaya atau pare tergantung selera pembeli.

Salah satu pelanggan Erni (52) mengaku, rasa pahit yang ada pada lotek Alkateri membuat ketagihan.

"Sudah lumayan lama saya langganan lotek ini, rasanya emang beda sama yang lain. Rasa pahitnya bikin ketagihan, gak bikin kapok," Ucap Erni saat ditemui di lotek Alkateri.

Lotek Alkateri buka setiap Selasa-Minggu mulai pukul 10:00 - 15:00 WIB. (ajt/ant/iwk)

YLKI:Pusat Perbelanjaan Islami Harus Bebas Rokok

Sebelumnya

Malaysia Bidik Wisatawan asal Riau

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pariwisata