1.194 Sekolah Rontok Akibat Gempa Lombok
Gempa Lombok (foto:TILIK.ID),
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta--Gempa yang melanda Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menghancurkan infrastruktur publik. Namun yang paling parah adalah sekolah. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terdapat 1.194 sekolah yang rontok akibat gempa Lombok. "Sebagian besar adalah bangunan SD dan PAUD," kata Budi Erwanto dari BNPB saat memaparkan dalam diskusi “Membangun Komitmen Percepatan Bantuan dan Rehabilitasi Bencana Gempa Lombok" yang diadakan dalam rangka ulang tahun ke-52 KAHMI di Graha KAHMI, Jakarta, Jumat (14/9/2018). 

Menurut Budi, untuk bangunan sekolah yang rusak ringan akan dibangun bangunan darurat, sementara untuk yang rusak berat akan dibangun kembali. "Sekarang sudah mulai perbaikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah merehab sekolah, " ujar Budi.

Namun di sisi lain, Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy menyayangkan adanya perlakuan terhadap para guru yang terdampak gempa. Menurut Sukiman, ada  pemberian bantuan stimulan terhadap para guru-guru sekolah umum yang ternyata menimbulkan persoalan baru, mengingat sampai hari ini guru-guru madrasah/pesantren tidak menerima bantuan serupa. “Boleh saja ada sekolah swasta dan sekolah negeri, tapi namanya anak sekolah adalah semua anak negeri. Jadi tolong jangan dibeda-bedakan”, kata Sukiman yang juga menyayangkan sampai hari ini Menteri Agama belum pernah berkunjung ke Lombok sekalipun.

“Persoalan lain yang tidak kalah serius adalah santri-santri saat ini tidak mau masuk pondok karena pesantren tidak punya logistik,” tambah Sukiman. (imf)

 

 

Sandi: Kedai Kopi Tempat Silarahmi, Membuka Pintu Rezeki

Sebelumnya

Tambang Emas Martabe Dukung FK PUSPA Tapanuli Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Nusa