Ditemukan Ribuan Caleg Tanpa Data Diri
Lucius Karus
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta-- Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) menemukan ribuan caleg DPR RI dalam daftar calon sementara (DCS) tidak terdapat informasi data diri yang dapat diakses oleh publik melalui situs Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Peneliti Formappi Lucius Karus di Jakarta, Jumat mengatakan dalam analisanya ditemukan 3.531 caleg tanpa profil, yang terbagi atas dua kategori yakni caleg tanpa data sebanyak 1.457 orang dan caleg tidak mau mempublikasi profil sebanyak 2.074 orang.

Lucius mengatakan ketiadaan profil para caleg tersebut disebabkan oleh tiga hal. Pertama, para caleg ingin menyembunyikan sesuatu yang tidak boleh diketahui oleh publik, sehingga tidak bisa dikritisi kelemahannya.

“Kedua, hal ini menunjukkan ketidakmampuan KPU (Komisi Pemilihan Umum) menjalankan perannya. Bukankah KPU punya wewenang memaksa para caleg untuk mempublikasikan profilnya?” kata Lucius.

Selain itu, lanjutnya, tidak adanya profil caleg tersebut menunjukkan adanya kemungkinan “kerja sama” antara KPU dan para caleg untuk menyembukan profil caleg di DCS tersebut.

“Itu merupakan pelanggaran terhadap hak pemilih untuk mendapatkan informasi yang terang benderang mengenai calon yang akan mereka pilih,” tegasnya.

Dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019, sembilan di antaranya tercatat memiliki jumlah caleg di atas 100 orang yang tidak terdapat data profilnya serta enggan mengumumkan informasi diri di Silon KPU.

Partai yang calegnya tidak mau mempublikasikan data diri antara lain Partai Demokrat (570 caleg), Partai Perindo (550 caleg), Partai Nasdem (344 caleg), Partai Garuda (216 caleg) dan PDI Perjuangan (107 caleg).

Sementara itu partai yang caleg DCS-nya tidak terdapat profil diri antara lain Partai Berkarya (555 caleg), Partai Hanura (427 caleg), dan PBB (308 caleg). (fn/ant/lms)

Sandi Minta Restu KH Mahfudz Asirun

Sebelumnya

Deklarasi Damai Dilanggar, KPU Mengaku Tak Bisa Atur Pendukung

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Politik