Musik Melayu, Tak Ada di Asian Games, Ada di Musik Tepi Barat
Seoja Band di Musik Tepi Barat. Saksikan videonya di akhir berita.
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta— Kemeriahan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dengan segala kemeriahannya menyisakan satu pertanyaan. Mengapa musik Melayu sebagai budaya lokal dan kawasan tidak ditampilkan, baik di open ceremony maupun di closing ceremony nya? 

Yang ditampilkan justru musik Korea, Pop, yang dari luar itu.  Namun penggemar musik Melayu tidak perlu sedih, musik anak negeri ini masih ada. Ruang untuknya masih ada, di trotoar depan FX Plasa.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memberi tempat genre musik ini untuk selalu dinikmati oleh warga Jakarta. Dalam seminggu Grup Seroja Band akan tampil beberapa kali di depan FX Plasa.

Selama perhelatan Asian Games yang lalu, Gubernur Anies Baswedan memberi ruang bagi grup-grup band  dari berbagai aliran musik untuk tampil di pinggir jalan di dua tempat. Yaitu di depan Grand Hyatt Hotel Bundaran HI dan di depan FX Plasa. 

Program Gubernur Anies Baswedan itu adalah untuk memeriahkan dan menghibur warga Jakarta dan tamu-tamu Asian Games untuk menikmati musik. Ternasuk genre Melayu.

Setelah Asian Games berakhir, hiburan yang bertema Musik Tepi Barat itu berakhir juga. Kecuali musik Melayu lewat Grup Band Seroja. Tema hiburannya pun Melayu on Street.

Pemerhati musik Melayu, Geisz Chalifah menuturkan dalam  catatan pendeknya tentang Asian Games dan musik Melayu. Berikut coretannya:

Melayu Masih Ada

Musik melayu ketika katubnya dibuka, anak muda Jakarta menari dengan riang. 
Dipinggir jalan di depan FX Sudirman.  

Gubernur DKI Anies Baswedan memberi kesempatan pada musik melayu untuk tampil. Walau musik Melayu tak dapat tempat di penutupan acara Asian Games, tak dilirik oleh pemerintah pusat. Kalaupun ada sebatas retorik sekedar menambah elektabilitas minus implementasi. 

Musik anak negeri ini  memang hanya untuk  mereka yang memiliki nalar budaya yang mampu menikmatinya. 

Ketika ruangnya dibuka, anak - anak muda Jakarta, di pinggir jalan mereka menarikan serampang 12, mereka tau cara menarikannya, menikmati budayanya. 

Pemerintah pusatnya.... ???? 
Lebih suka musik Korea untuk diberi ruang  di perhelatan penutupan Asian Games. 

Bravo......

(lms)

Dikabarkan Cerai, Gading Marten Buka Suara

Sebelumnya

Pencipta Spiderman, Stan Lee, Tutup Usia pada Umur 95 Tahun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA