Penerima Remisi Hukum Jadi Warga Negara Baik
Menkumham RI, Yasonna Laoly.Foto:net
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengingatkan narapidana penerima remisi umum (RU), khususnya sebanyak 2.220 yang langsung menghirup udara kebebasan untuk menjadi warga negara baik saat membaur kembali ke masyarakat.

"Kepada seluruh narapidana yang mendapat remisi, khususnya yang bebas, saya harapkan dapat meningkatkan keimanan dan menjadi warga negara yang baik," ujar dia dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73 di Jakarta, Jumat.

Pengalaman pahit yang telah terjadi, kata Yasonna, diharapkan dapat menjadi pelajaran untuk bekerja dan menjadi insan yang lebih baik lagi.

Sebanyak 102.976 narapidana yang telah menjalani pidananya dengan baik pada peringatan 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia memperoleh RU.

Remisi diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, khususnya yang berkelakuan baik dan aktif mengikuti pembinaan.

Yasonna Laoly menerangkan remisi merupakan salah satu sarana hukum yang sangat penting dalam wujudkan tujuan sistem pemasyarakatan, yakni sebagai stimulus untuk narapidana menjaga perilaku dan berubah menjadi manusia yang lebih baik.

Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari narapidana.

Ada pun tolok ukur pemberian remisi, ucap Yasonna, tidak didasarkan pada latar belakang pelanggaran hukumnya, tetapi didasarkan pada perilaku selama menjalani masa pidana di lapas.

Sementara itu, saat ini jumlah warga binaan yang menghuni 522 lapas, rutan, dan LPKA se-Indonesia berjumlah 250.452, terdiri atas narapidana berjumlah 177.691 orang dan tahanan sebanyak 72.761 orang, sedangkan daya tampung yang tersedia hanya untuk 124.696 orang.(dya/ant/iwk)

Komisi Yudisial Akan Pantau Praperadilan Gunawan Jusuf

Sebelumnya

Zumi Zola Bantah Dapat Bocoran OTT KPK

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Hukum