Bandarlampung Siap Arak Obor Asian Games
Salah satu moment Torch Relay Asian Games
KOMENTAR

TILIK.ID, Bandarlampung-- Obor Asian Games 2018 yang dijadwalkan akan tiba di Bandarlampung, Provinsi Lampung Rabu (8/8) siap diarak keliling “Kota Tapis Berseri” tersebut.

Sekretaris Kota Bandarlampung Badri Tamam, di Bandarlampung, Selasa, mewakili pemkot menyatakan terima kasih kepada Polda Lampung dan pihak terkait lainnya yang siap mendatangkan dua ekor gajah jinak dari Way Kambas Lampung Timur untuk memeriahkan Kirab Api Obor Asian Games 2018.

Dijadwalkan pula, akan ada dua menteri yang hadir dan ikut serta membawa Api Obor Asian Games 2018 tersebut. Keduanya adalah Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan dan Rini Soemarno Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selain mendukung pengamanan acara ini, Polda Lampung juga akan mempersiapkan penyambutan Obor Asian Games 2018 dengan mendatangkan dua ekor gajah yang menjadi ikon Provinsi Lampung untuk mengarak api obor tersebut.

Demi kelancaran Kirab Api Obor Asian Games 2018 di Bandarlampung, hampir seluruh jalan protokol di Kota Tapis Berseri akan ditutup total pada Rabu, sehingga warga diharapkan mencari jalan alternatif.

“Kami ingin acara penyambutan api obor pesta olahraga empat tahunan ini bisa berjalan lancar dan meriah,” ujar Badri Tamam.

Menurut jadwal acara, untuk obor pertama kali akan diserahkan dari panitia kepada Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan diserahkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandarlampung Badri Tamam, dan dibawa oleh Sekda. Selanjutnya, kirab obor ini akan melalui rute yang telah ditentukan.

Api obor juga akan melalui Jalan Cut Nyak Dien, berhenti sejenak di kantor Telkomsel yang merupakan sponsor perhelatan Asian Games, dan akan diterima oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Kemudian berlanjut ke Jalan Kartini, Jalan Katamso, Jalan Radin Inten dan berakhir di Tugu Adipura Bandarlampung.

Sebelum sampai di Tugu Adipura tempat peletakan terakhir api obor itu, atlet pembawa obor akan menyerahkan obor kepada Wali Kota Bandarlampung Herman HN di depan Plaza Lotus. 

Dari Wali Kota akan diserahkan kepada Gubernur Lampung M Ridho Ficardo dan langsung diserahkan kepada ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

 Berikut, rute kegiatan bertajuk Kirab Api Obor Asian Games 2018 di Bandarlampung: 
 
 1. Menteri Keuangan Sri Mulyani akan menerima obor di Jalan ZA Pagaralam, Mal Boemi Kedaton, pukul 09.00 WIB. 
 2. Obor diarak ke Jalan Teuku Umar, Jalan Kota Raja hingga Jalan Radin Inten. 
 3. Ketua MPR RI Zulkifli Hasan akan menerima obor di Jalan Raden Intan, tepatnya di depan Plaza Lotus.

4. Obor lalu diarak ke Tugu Adipura. 
5. Berlanjut ke Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan Ir Juanda melintasi Stadion Pahoman. 
6. Lalu ke Jalan Way Sekampung, Jalan Dr Susilo, Jalan P Diponegoro, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Wolter Monginsidi. 
7. Menteri BUMN Rini Soemarno akan menyambut obor di Jalan Cut Nyak Dien, di depan Plaza Telkomsel. 
8. Obor dibawa ke arah Jalan Katamso, masuk lagi ke Jalan Raden Intan. 
9. Kemudian diarak ke Jalan Tulangbawang, Jalan Majapahit, dan berakhir di Tugu Adipura.

Sementara itu, sebanyak 750 personel Polresta Bandarlampung diturunkan untuk mengawal Kirab Api Obor Asian Games XVIII Tahun 2018. Acara akan dilaksanakan di wilayah Kota Bandarlampung pada Rabu 8 Agustus 2018 mendatang.

Kapolresta Bandarlampung Kombes Murbani Budi Pitono mengatakan, dalam rangkaian perayaan menyambut Asian Games XVIII 2018, pihaknya akan melakukan pengamanan seoptimal mungkin.

“Ada tiga langkah perencanaan di antaranya pelaksanaan pengamanan seoptimal mungkin yang akan dilaksanakan sebaik-baiknya dan seoptimal mungkin, kemudian kami akan bertanggungjawab secara maksimal,” katanya pula.

Ia menambahkan, personel yang dikerahkan rencananya ditempatkan dalam empat tugas pengamanan. Empat tugas itu, yakni pengamanan rute jalur, pengamanan VIP, pengamanan lokasi kegiatan, dan pengamanan kontigensi.

“Kami juga akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Bandarlampung, kodim dan juga panita penyelenggara Kirab Api Obor Asian Games 2018,” ujarnya pula. (bba/ant/lms)

Jika Bonus Rp 1,5 M Cair, Defia akan Bawa Orang Tua Naik Haji

Sebelumnya

Filipina Pertimbangkan Jadi Tuan Rumah Asian Games 2030

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Total Sport