Hakim Menangkan Negara soal Gugatan Kereta Cepat
Ilustrasi
KOMENTAR

TILIK.ID,Jakarta-Jaksa Pengacara Negara (JPN) dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan Kejaksaan Negeri Karawang memenangkan gugatan lima perusahaan terkait pembebasan lahan pembangunan mega proyek kereta cepat Bandung-Jakarta.

Putusan gugatan terhadap PT Pilar Sinergi BUMN diputuskan oleh Pengadilan Negeri Kawarang.

"Tentunya kita mengapresiasi atas putusan ini," kata anggota JPN yang juga Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasidatun) Kejari Karawang Lia Pratiwi kepada Antara di Jakarta, Kamis malam.

Ditambahkan, ditolaknya permohonan keberatan ganti rugi tersebut adalah berdampak bagi kelanjutan dan percepatan pembangunan jalur kereta cepat yang merupakan program nasional.

Dasar dimenangkan gugatan bahwa proyek tersebut berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 2 tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

Itu merupakan proyek strategis nasional, katanya seraya menambahkan untuk penilaian ganti kerugian telah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Gugatannya itu kepada PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Karawang, gubernur jabar, Menhub dan kantor jasa penilai publik.

Kelima perusahaan itu, PT Gajah Tunggal, PT Karawang Cipta Persada, PT Perusahaan Industri, PT Batuah Bauntung Karawang Primaland, PT Pertiwi Lestari.(riz/ant/iwk)

KPK Boyong Penyuap Bupati Labuhanbatu

Sebelumnya

Berkas Perkara Abu Tours Dinyatakan Lengkap

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Hukum