SMI Komit Pembiayaan Infrastruktur Rp77 Triliun
Pembangunan tol Salatiga-Bawen. Foto: Net
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta-BUMN sektor pembiayaan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) meraup kesepakatan komitmen pembiayaan infrastruktur sebesar Rp77 triliun selama Januari-Juni 2018 yang mayoritas digunakan untuk pembangunan jalan tol dan sarana kelistrikan.

Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini di Jakarta, Selasa, mengatakan, pembiayaan yang sudah dicairkan dari total komitmen itu sebesar Rp35 triliun. Salah satu kreditur yang menarik pembiayaan dari SMI untuk pembangunan infrastruktur adalah PT. Hutama Karya Persero.

"Kami masih sejalan dengan target pembiayaan tahun ini, mayoritas sektor yang dibiayai adalah transportasi dan kelistrikan," ujarnya.

Sebelumnya, SMI menargetkan penyaluran pembiayaan infrastruktur di 2018 bisa mencapai Rp47,1 triliun atau meningkat 28,6 persen dari 2017 yang sebesar Rp36,6 triliun.

Sedangkan untuk target komitmen pembiayaan diproyeksikan bisa mencapai Rp78,7 triliun. Angka ini meningkat 22,4 persen dari yang target 2017 sebesar Rp64,3 triliun.

SMI memang banyak merambah pembiayaan sektor transportasi dan energi. Pada 2017, portofolio pembiayaan SMI mencakup pembiayaan untuk pembangunan megaproyek energi dan transportasi seperti Soekarno-Hatta Terminal Tiga Ultimate, Bandara Internasional Kulonprogo Yogyakarta, Palapa Ring Paket Tengah, Jalan Tol Bogor Ring Road, Jalan Tol Trans Jawa (Pejagan-Pemalang-Semarang-Solo. Solo-Ngawi-Kertosono-Surabaya-Mojokerto, Irigasi Rentang Jawa Barat, dan PLTU Kendari 3 (2x50 MW).(iap/ant/iwk)

Pencapaian Lima Juta Jam Kerja Aman dan Pengoperasian Perdana Jetty Proyek IPP Jawa-1

Sebelumnya

Sinergi Pertamina – BUMN Karya, Perkuat Keandalan Energi Nasional

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi