Gerindra: Anies Simbol Islam dan Kebangsaan
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta--Wakil Ketua Umum DPD Partai Gerindra Jawa Barat Anggawira mengatakan PKS dan PAN menyetujui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju sebagai calon wakil presiden. Terutama mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019 mendatang.

"Insya Allah partai koalisi Gerindra, PKS, PAN sudah menerima Anies untuk maju sebagai cawapres Prabowo. Partai koalisi mempertimbangkan apa yang berkembang di masyarakat akhir-akhir ini," ujar Anggawira dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (7/7) malam. 

Anggawira yang merupakan mantan juru bicara Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengungkapkan, Anies juga telah menemui Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk mencari kemungkinan terbaik dalam menghadapi Pilpres 2019. 

Menurutnya, sosok Anies merupakan figur yang dikehendaki masyarakat untuk mendampingi Prabowo pada Pilpres 2019.  Anies dipandang sebagai tokoh muda cerdas yang mewakili kalangan Islam maupun nasionalis.

 "Kemungkinan terbaik itu ya Prabowo-Anies. Mas Anies adalah simbol Islam kebangsaan yang cemerlang saat ini, dan tentu Pak Prabowo memahami itu dan merestuinya," kata Anggawira.

Namun demikian, Anggawira mengatakan formasi terbaik Pilpres akan dibicarakan lebih matang pada pertemuan selanjutnya antara Prabowo dengan partai koalisi. 

Sementara Anies, kata Anggawira, siap menerima apa pun keputusan yang akan dihasilkan. Berdasarkan sejumlah hasil survei, nama Anies belakangan disebut-sebut berpeluang menjadi cawapres pada Pilpres 2019. 

Dalam survei yang dilakukan Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konflik (PUSPEK) FISIP Universitas Airlangga Juni 2018 dan Saeful Mujani Research & Consulting (SMRC) pada Mei 2018, misalnya, nama Anies berada pada posisi lima besar dalam aspek diterima masyarakat sebagai cawapres 2019.

Sementara itu terhadap fenomena dorongan kuat dari publik pada Anies Baswedan dalam bursa Capres 2019, ditanggapi Prabowo Subianto. Ketum Gerindra inipun sebelumnya di dorong untuk kembali maju sebagai capres 2019.

Prabowo Subianto kini tampak  mulai terbuka dengan skenario memberikan tiket capres ke kandidat lain.

"Ya itulah saya bilang, musyawarah, cari yang terbaik. Apa pun  demi kepentingan bangsa dan negara kita akan buka pintu," ucap Prabowo saat ditanya kans Anies capres, usai menerima Sudirman Said di kediamannya, Jakarta Selatan, Jumat (6/7) lalu.

Prabowo mengatakan, berbagai skenario terbuka dibahas dan bisa dimusyawarahkan. Dia siap bernegosiasi dengan nama lain yang akan diusung sebagai penantang Jokowi di Pilpres 2019. Bahkan, termasuk nama AHY. Dalam hal ini, Demokrat ingin AHY jadi cawapres Prabowo.(jay)

Prabowo Salami Duluan Kubu Jokowi

Sebelumnya

Prabowo: Nomor 1 atau 2 Sama Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Politik